Cara Meditasi Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Pada masa sekarang ini banyak orang yang mengalami krisis kepercayaan diri dalam kehidupan sehari-hari. Kepercayaan diri adalah percaya diri sendiri tetapi tidak berlebihan atau mengakui kemampuan diri sendiri untuk berbuat sesuai dengan harapan yang kita inginkan. 
Rasa percaya diri juga berhubungan erat dengan pergaulan. Orang yang tidak memiliki kepercayaan diri akan sukar sekali untuk masuk dan bersosialisasi dengan lingkungan social sekitarnya.

Dalam konteks ini manusia harus bisa berinteraksi dengan sesamanya asal jangan terlalu berlebihan sehingga menimbulkan sifat arogan. Kepercayaan diri sebenarnya berasal dari pribadi setiap manusia dan dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Kepercayaan diri itu berbeda-beda sesuai dengan karakter seseorang. Dalam jaman sekarang ini kepercayaan diri sering dilebih-lebihkan dan hasilnya menjadi istilah yang sering digunakan anak muda sekarang ‘Narsis’ dan ‘Lebay’.

Berikut ini tips bagi anda untuk melatih meningkatkan kembali kepercayaan diri anda :

-Duduk santai diatas kedua tumit dan harus menggunakan alas lantai

-Tangan kiri dengan telapak tangan terbuka menghadap keatas/langit, diletakkan di atas telapak -tangan kanan dimana ujung kedua jempol tangan saling menyentuh.

-Mata tertutup

-Tarik nafas panjang, buang nafas secara perlahan-lahan lewat hidung dan menyadari proses pernafasan tersebut selama beberapa menit

-Setelah itu kumpulkan sebanyak mungkin saliva (ludah) dari bagian terdalam mulut dengan lidah

-Secara pelan-pelan telanlah ludah yang terkumpul itu sambil dihayati proses penelanan tersebut sebagai suatu pembuangan sifat-sifat jelek yang tidak anda inginkan (termasuk rasa rendah diri/tidak perrcaya diri)

-Setelah menelan ludah, duduk diam sejenak dan diam dan perhatikan jalannya nafas masuk dan keluar

-Ulangi latihan tersebut di atas 3 – 9 kali

-Setelah selesai latihan tersebut, maka ucapkanlah dalam hati dan hayati benar-benar kata kata ini

"Aku sadar bahwa kebahagiaan itu asalnya dari diriku sendiri dan aku dapat merasakannya dengan mudah dan gampang, apapun yang menghalangiku untuk maju akan mundur dengan sendirinya..."

Terapkan latihan ini, semoga latihan diatas bisa membantu anda mengatasi rasa kurang percaya diri anda.