Fungsi RAM / Memory Komputer

Fungsi RAM / Memory Komputer dalam komponen komputer sangat vital, karena RAM berfungsi untuk memegang arahan dan data yang akan di proses oleh processor.

RAM bersifat volatile, yang artinya data yang disimpan oleh RAM akan hilang apabila Computer di matikan. Lokasi RAM berdekatan dengan processor.
ALT

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Sistem kerja RAM pada dasarnya menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

Agar Computer kita berjalan dengan baik, maka kita harus menyediakan hardisk yang cukup, fungsi RAM yang memadai dan processor yang mempunyai kinerja yang baik. Apabila kurangnya kinerja RAM pada Computer kita, tentu akan memperlambat kinerja Computer. Salah satu pencegahannya adalah menambah virtual RAM pada pagefile dalam sistem property Computer.

Karena fungsi RAM bersifat temporer dan volatile, maka orang menciptakan suatu media penyimpanan lain yang sifatnya permanen. Ini biasanya disebut sebagai secondary storage. Secondary storage bersifat tahan lama dan juga tidak volatile, ini berarti semua data atau program yang tersimpan di dalamnya bisa tetap ada walaupun daya atau listrik dimatikan.

Fungsi RAM berdasarkan jumlah PIN dan kecepatan terbagi menjadi 3, yaitu 30 pin, 72 pin dan 168 pin. Contohnya adalah FPM DRAM (Fast Page Mode Random Access Memory) merupakan RAM yang pertama kali ditancapkan pada slot memori 30 pin mainboard Computer, dimana RAM ini dapat kita temui pada Computer type 286 dan 386. Sayangnya memori jenis ini sudah tidak lagi diproduksi.

Pada saat ini, fungsi ram pada system desktop telah berada pada level teknologi DDR3 yang berkecepatan lebih dari 6 kali lipat dari teknologi awal DDR1. Awalnya ram jenis ini diawali dari kecepatan 1066MHz dan tersedia luas di pasaran mulai 1333MHz. Pada level RAM yang diperuntukkan gaming dan extreme perfomance biasa dijumpai dengan kecepatan 1600MHz hingga 2400MHz. RAM speed ini dispesifikasikan secara standard menggunakan satuan PC, yang sering kita jumpai pada produk retail RAM.

Komentar