Jamur Otak|Gyromitra esculenta

Gyromitra esculenta, salah satu dari beberapa spesies jamur yang dikenal sebagai morels palsu, adalah jamur ascomycete dari genus Gyromitra, didistribusikan secara luas di Eropa dan Amerika Utara. Biasanya jamur 
ini tumbuh di tanah berpasir di bawah pohon jenis konifera pada musim semi dan awal musim panas. Jamur ini berbentuk sebuah otak yang tidak teratur atau topi coklat tua yang dapat mencapai 10 cm dan 15 cm lebarnya. 
Meskipun berpotensi fatal jika dimakan mentah, Gyromitra esculenta adalah makanan lezat yang populer di Skandinavia, Eropa Timur, dan wilayah atas Danau Besar Amerika Utara. Meskipun populer di beberapa daerah Pyrenees timur, tapi jamur ini dilarang di Spanyol. Jamur otak ini dijual segar di Finlandia, tetapi harus disertai dengan peringatan dan petunjuk tentang persiapan yang benar. Biasanya jamur otak dibikin omelet, sup, atau tumis dalam masakan Finlandia. Bukti terbaru menunjukkan bahwa prosedur keamanan ini tidak dapat membuat jamur seluruhnya aman, sehingga meningkatkan kekhawatiran risiko bahkan ketika disiapkan dengan benar.


Komentar