Manfaat Buah Belimbing

Manfaat Buah Belimbing - Belimbing merupakan buah tropis asli Indonesia yang bisa didapat dengan mudah, karena harganya yang tidak terlalu mahal juga bisa hidup di hampir semua ketinggian daratan. Ciri khas buah belimbing adalah berwarna kuning kehijauan yang sangat menggoda.
Banyak sekali jenis-jenis dari buah belimbing ini, diantaranya belimbing manis, belimbing masam. Belimbing manis yaitu yang biasa kita makan, sedangkan belimbing masam sering dijadikan bahan masakan, dan tidak jarang dijadikan bahan rujak.
Alt

Khusus belimbing manis, manfaat yang banyak terkandung didalamnya adalah vitamin C, yang bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan di saat kondisi cuaca yang tidak menentu. Selain rasanya yang memang manis, ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti : hipertensi, bisul, reumatik, saluran kemih, malaria, maag kronis dan batuk anak-anak.

Khasiat Belimbing Pada Bunga, daun dan Akarnya
Bukan hanya pada buahnya, terdapat khasiat tersembunyi yang terdapat pada bunga, daun dan akar pohon belimbing, yaitu:
  • Bunga Pohon Belimbing: Berkhasiat mencegah penyakit malaria.
  • Akar Pohon Belimbing: Berkhasiat menyembuhkan sakit kepala dan nyeri pada persendian.
  • Daun Pohon Belimbing: Berkhasiat mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah, dan bisul.

Bahaya Buah Belimbing
Sayangnya, dibalik nikmat dan khasiat belimbing ini, ada beberapa bahaya yang mengintai bagi sebagian orang jika mengonsimsinya, yaitu pada penderita penyakit ginjal,dan penderita diabetes. Hal itu dikarnakan buah ini memiliki kanduangan Asam Oxalat dan kadar gula yang sangat tinggi.

Selain itu, pada belimbing manis mengandung racun yang akan mempengaruhi otak dan syaraf, dimana pada penderita penyakit ginjal racun tersebut tidak dapat disaring dan dibuang sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya. 

Jadi, jika ada anggota keluarga atau tetangga anda yang memiliki penyakit tersebut, buah belimbing bukanlah buah yang cocok untuk diberikan, atau sebagai bawaan saat anda menjenguk di rumah sakit, karna hanya akan memperparah penyakitnya.

Semoga artikel Manfaat Buah Belimbing  ini ada manfaatnya bagi anda semua Cukup sekian.

Komentar