Manfaat Buah Jarak

Manfaat Buah Jarak Mungkin anda sering sekali mendegar tanaman jarak ini dalam pelajaran sejarah. Tanaman ini memang sudah dikenal oleh bangsa Indonesia sejak beberapa dekade yang lalu. Pada zaman penjajahan oleh Jepang, bangsa kita di paksa untuk menanam Jarak ini
Bangsa Jepang menjadikan tanaman ini sebagai bahan bakar kapal dan pelumas senjatanya. Tanaman ini sangatlah bermanfaat. Sekarang ini, tanaman ini umumnya dijumpai sebagai tanaman liar. Tanaman ini dinamakan jarak karena biasanya digunakan sebagai pembatas halaman rumah alias pagar.
Alt

1.Pohon jarak ini juga banyak dijumpai di tepi jalan desa-desa, pematang sawah, kebun, dan lain-lain. Bahkan, orang-orang tidak peduli pada tanaman ini. Padahal manfaat buah jarak sangat banyak.
Penasaran dengan manfaat buah jarak itu ? Simaklah yang berikut ini.
Mengenal pohon jarak
Sebelum kita mengenal manfaat buah jarak, mari kita kenali dulu buah jarak ini.
Jarak adalah tumbuhan liar yang biasanya terdapat di hutan, tanah kosong, daerah pantai, namun sering juga dikembangbiakkan di perkebunan. Tanaman ini tergolong tanaman perdu yang memiliki daun tunggal antara 7 sampai 9, berdiameter 10 sampai 40 cm.

Banyak sekali sebutan untuk pohon jarak ini. Di sumatera pohon jarak ini lebih dikenal dengan nama Dulang atau Gloah, sementara di Madura pohon ini disebut Kalek, di Sulawesi lebih dikenal dengan sebutan Jarak kosta, dan di Maluku dikenal dengan sebutan Muun mav.

Pohon jarak memiliki batang yang berbentuk bulat licin, berongga, berbuku-buku jelas dengan tanda bekas tangkai daun yang lepas. Pada umumnya tumbuhan ini berwarna hijau bersemburat merah yang memiliki daun yang tumbuh berseling dan ujungnya sedikit runcing.

Sedangkan buahnya berbentuk bulat dan berkumpul pada tandan, namun ada juga yang bentuknya sedikit lonjong , yang biasanya dapat dijumpai di Bali.

Inilah deskripsi singkat mengenai tanaman jarak. Bagi anda yang belum pernah melihat tanaman ini, apakah kira-kira sudah mendapatkan gambarannya ?

2.Manfaat buah jarak
Sekarang ini, manfaat buah jarak sedang ramai dibicarakan orang. Tanaman ini dipercaya dapat dijadikan sebagai biofuel yakni pengganti bahan bakar yang berasal dari minyak bumi. Kandungan minyak dalam tanaman ini diharapkan dapat digunakan sebagai pengganti minyak bumi yang semakin hari semakin menipis.
Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung yang bekerja sama dengan Mitsubishi Research Institute, hasilnya biofuel memiliki kemampuan yang setara dengan minyak solar.

Oleh sebab itu, pohon jarak ini tak dipandang sebelah mata lagi, bahkan tanaman ini sudah dibudidayakan.
Adapun manfaat lain tanaman jarak ini, selain menjadi biofuel, diantaranya :
  • Bagi bayi yang sakit mencret, tanaman ini sering digunakan sebagai alternatif pengobatannya. Caranya cukup mudah, pertama-tama petiklah tiga lembar daun jarak yang masih segar, kemudian olesi daun itu dengan minyak kelapa decara merata di bagian atasnya. Setelah itu, panggang di atas kompor selama beberapa detik hingga tampak layu dan tempelkan pada perut bayi anda.
  • Untuk menurunkan demam tinggi, letakkan borehan daun jarak yang sudah diremas di sekitar pusar.
  •  Bagi anda yang menderita koreng, bisul, dan luka berdarah, gunakan minyak tanaman jarak ini.
  • Selain itu, minyak jarak juga baik digunakan untuk mengurut bagian tubuh yang terkilir, karena bisa mengurangi pembengkakan.
  •  Daun tanaman jarak ini juga bisa anda manfaatkan sebagai obat pencahar untuk sembelit.
  • Getah jarak mengandung anti mikroba yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena gigi berlubang.
  • Di India, minyak tanaman jarak ini dimanfaatkan sebagai bahan bakar kereta api dan mereka membudidayakannya dengan cara menanam pohon ini di sepanjang rel kereta api sepanjang 24.000 km.
  • Daun pada tanaman ini juga bisa digunakan sebagai penyembuh batuk dan sesak nafas.
  • Sementara akarnya sering digunakan orang untuk membantu menjaga stamina tubuh.
  • Tanaman ini adalah tanaman satu-satunya yang kaya akan lemak hidroksi, oleh karenanya tanaman ini dapat dimanfaatkan sebagai campuran dalam pelumas atau oli.

Banyak sekali bukan manfaat buah jarak ini ? Oleh karena itu, mulailah membudidayakan tanaman ini. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.



Komentar