Jus Jambu Biji Merah

Jus Jambu Biji Merah Jambu biji merah merupakan salah satu varian jambu biji yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan manusia. Buah jambu biji telah lama dikenal sebagai penghasil vitamin c yang baik bagi tubuh. Rasanya yang nikmat dan segar
juga menjadikan buah tropis yang satu ini cukup populer. Di Indonesia, buah jambu boleh jadi adalah buah
Alt
yang paling dekat dengan rakyat. Ia bisa tumbuh secara liar di mana saja. Konsumsi buah jambu bisa membantu menanggulangi beberapa penyakit seperti diabetes, demam berdarah, kolesterol, ambeien, diare juga sembelit. Serat larut di dalam jambu yakni pektin, bisa menyehatkan saluran pencernaan Anda! Mencermati ragam manfaat jambu ini, tak ada salahnya jika Anda mengkonsumsinya setiap hari. Untuk menghindari kebosanan, cobalah mengkonsumsi jambu biji dengan mengolahnya menjadi jus. Sebaiknya pilih yang dagingnya berwarna merah sebab kandungan likopennya lebih tinggi. Berikut jus jambu merah yang bisa Anda coba.
Siapkan Bahan-bahan!

Pada prinsipnya, bahan yang digunakan dalam membuat jus jambu merah cukup mudah, antara lain: 
  • Jambu biji dengan daging merah sebanyak 2 atau 3 biji
  • air matang sebanyak 500 mililiter
  • Sirup 10 sendok makan. Sebaiknya pilih easa frambozen sebab akan melengkapi kenikmatan buah jambu biji merah.
  • Gula pasir sebanyak 5 sendok makan atau sesuai selera.
  • Es batu secukupnya saja.

Cara Membuat Jus Jambu Merah 
Setelah semua bahan untuk membuah jus jambu merah siap, saatnya Anda memulai proses pembuatannya. Yang pertama adalah cuci bersih buah jambu biji dengan air yang mengalir. Setelah itu, potong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil agar lebih mudah halus. Blender bersama air matang. Setelah halus, saring agar bijinya bisa disingkirkan. Setelah itu, hasil saringan buah dicampur dengan 10 sendok makan sirup fambozen. Kembali blender beberapa saat, masukkan es batu juga gula. Setelah tercampur, sajikan di helas jus. Bahan-haban di atas bisa untuk 4 gelas jus jambu merah.

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa harus jambu dengan daging berwarna merah? Jawabannya adalah likopen. Warna merah pada jambu biji tersebut berasal dari pigmen tanaman bernama likopen. Senyawa ini sangat baik mencegah kanker di dalam tubuh. ia juga sangat baik menangkal radikal bebas sebab ia bersifat anti-oksidan. Dengan mengkonsumsi jus jambu merah, Anda akan mendapatkan keuntungan ganda. Cantik dan sehat! Selain memilih jenis jambu biji, sesungguhnya Anda juga cermat menambahkan bahan lainnya. Kalau memungkinkan, Anda bisa mengganti gula pasir dengan madu asli sebagai pemanis jus. Gula selain kaya akan kalori juga bisa menyebabkan penuaan dini. Demikian halnya dengan sirup, sebaiknya pilih yang rendah gula.

Hal lain yang wajib Anda perhatikan saat mengkonsumsi jus jambu merah adalah timing. Penelitian membuktikan bahwa waktu terbaik mengkonsumsi jus buah adalah pada saat perut kosong. Saat tak ada apa-apa di perut, kandungan jus buah jambu murah ini akan diserap secara maksimal oleh tubuh. Jadi baiknya konsumsi di pagi hari ya.Perhatikan pula penambahan susu. Sebenarnya buah tak baik dikonsumsi bersama susu, jadi hindari tambahan susu pada jus jambu Anda. Salam sehat!

Komentar