Sejarah Lengkap Wordpress

Sejarah Lengkap Wordpress Matthew Charles “Matt” Mullenweg (lahir 11 Januari 1984) adalah seorang pengusaha media online yang berasal dari Amerika, dia merupakan web developer dan musisi
yang tinggal di San Francisco, California. Matt terkenal karena mengembangkan software web yang sangat terkenal yaitu wordpress, sekarang dikelola oleh WordPress Foundation. Blog pribadinya adalah ma.tt.
ALT

Setelah putus kuliah dan bekerja di CNET Networks 2004-2005, Mullenweg keluar dari pekerjaan itu dan mendirikan Automattic, bisnis di balik WordPress.com (yang menyediakan blog WordPress gratis dan layanan lainnya), Akismet, Gravatar, VaultPress, IntenseDebate, PollDaddy, dan masih banyak lagi. Dan saat ini Matt Mullenweg adalah CEO dari Automatic.

APA ITU WORDPRESS?

WordPress lahir dari sebuah keinginan, wordpress awalnya berarsitektur sistem penerbitan pribadi yang elegan dibangun di bahasa pemrograman PHP dan MySQL dan berlisensi di bawah GPL. WordPress adalah penerus resmi b2 / cafelog. WordPress adalah perangkat lunak modern untuk pembuatan web, tetapi wordpress dikembangkan kembali pada tahun 2001. Ini adalah produk yang matang dan stabil. WordPress senidir berharap untuk berfokus pada pengalaman pengguna dan standar web tool yang berbeda dengan web tool lain yang ada diluaran sana. Dan saat ini total 49% website di seluruh dunia dibangun dengan WordPress. Jadi berbanggalah anda jika menggunakan wordpress. :)

2001 – cafelog b2 diluncurkan oleh Michel Valdrighi.

2003 – Matt Mullenweg dan Mike Sedikit merubah dari b2 dan menciptakan WordPress.

2004 – Plugins diperkenalkan dengan versi 1.2 (Mingus).

2005 – Sistem Tema dan halaman statis diperkenalkan dengan versi 1.5 (Strayhorn), diikuti juga caching yang kuat, sistem peran pengguna baru, dan backend UI baru dalam Versi 2.0 (Duke).

2007 – Sebuah UI baru, autosave, spell check dan fitur baru lainnya diperkenalkan di Versi 2.1 (Ella). Widget, dukungan Feed Atom yang lebih baik, dan optimasi kecepatan di Versi 2.2 (Getz). Dan tagging, pemberitahuan update, URL cantik (permalink) dan sistem taksonomi yang baru diperkenalkan di Versi 2.3 (Dexter).

2008 – Versi 2.5 (Brecker) dirilis dengan dengan administrasi UI (user interface) desain Happy Cog, dan memperkenalkan dashboard widget sistem dan shortcode API. Versi 2.6 (Tyner) dibangun di atas 2,5 dan diperkenalkan Post Revision dan Press This. Sebuah studi kegunaan dilakukan pada 2.5 selama musim panas, yang mengarah ke pengembangan prototipe Crazyhorse, dan akhirnya dirilis Versi 2.7 (Coltrane), yang didesain ulang UI administrasi untuk meningkatkan kegunaan dan membuat tool admin lebih disesuaikan untuk pengguna. Versi 2.7 juga memperkenalkan upgrade otomatis, built-in instalasi Plugin, sticky post, komentar threading/paging/reply dan API baru, bulk management, dan dokumentasi inline.

2009 – Versi 2.8 (Baker) memperkenalkan built-in tema installer dan meningkatkan fungsi UI widget dan API. Versi 2.9 (Carmen) memperkenalkan editing gambar, fitur sampah atau trash / Undo, bulk Plugin update, dan dukungan oEmbed.

2010 – Versi 3.0 (Thelonious) adalah rilis utama, memperkenalkan jenis custom post, membuat taksonomi kustom sederhana, menambahkan manajemen menu kustom, menambahkan API baru untuk header kustom dan latar belakang kustom, memperkenalkan tema default baru yang disebut “Twenty Ten” dan memungkinkan pengelolaan beberapa situs (disebut MultiSite).

2011 – Versi 3.1 (Gershwin) memperkenalkan post format dan admin bar. Versi 3.2 (Reinhardt) membuat WordPress lebih cepat dan lebih ringan, versi ini ditingkatkan dengan persyaratan minimum untuk PHP 5.2.4 dan MySQL 5.0.15, dan memperkenalkan tema default baru yang disebut “Twenty Eleven”. Versi 3.3 (Sonny) membuat WordPress lebih ramah untuk pemula dengan pesan selamat datang dan fitur pointer.

2012 – Versi 3.4 (Green) memperkenalkanCustomizer theme dan preview themes. Versi 3.5 (Elvin) memperkenalkan media manager baru dan tema default baru yang disebut “Twenty Twelve”.

2013 – Versi 3.6 (Peterson) memperkenalkan tema default baru yang disebut “Twenty Thirteen”, mendukung builtin Audio dan Video , Revisi dinamis dan scalable, peningkatan autosave dan Post Lock. Versi 3.7 (Basie) memperkenalkan update otomatis untuk pemeliharaan dan keamanan, password yang kuat, hasil pencarian yang lebih baik dan dukungan global yang lebih baik untuk versi lokal. Versi 3.8 (Parker) memperkenalkan desain admin baru dan tema default baru yang disebut “Twenty Fourteen”.

2014 – Versi 3.9 (Smith) meningkatkan pengalaman pada media dan diperkenalkan live widget dan header preview. Versi 4.0 (Benny) memperkenalkan tampilan grid untuk media library dan untuk menginstal plugin, dan preview visual untuk konten embed. Versi 4.1 (Dinah) mempermudah pada bagian menulis, instalasi bahasa dari bagian Pengaturan, dan tema default baru dan indah, “Twenty Fifteen”.

2 komentar:

  1. makasih nihh buat sejarah nya bisa tau juga dri mana asal usul nya
    klo sempet mampir ke link sini paket internet cepat

    BalasHapus
  2. keren artikel nya menambah ilmu pengetahuan dan sangat bermanfaat..
    data recovery jakarta cek juga siapa tau bermanfaat.

    BalasHapus