Pengertian Processor Komputer

Pengertian Processor Komputer adalah sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem Computer dan di gunakan sebagai pusat dari Computer  -
yang berfungsi untuk melakukan dan menjalankan tugas. Pengertian Processor sering di sebut sebagai ‘otak’ dari Computer yang di dukung komponen lainnya.
ALT

IC merupakan komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan sebagainya, IC juga suatu komponen yang dipergunakan sebagai otak perangkat-perangkat elektronika. Pada unit Computer, IC yang dipakai adalah microprocessor, contohnya adalah microprocessor yang terdapat pada Intel Pentium 4.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.
Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat di ganti dengan pengertian processor yang lain asalkan sesuai dengan socket atau kaki processor. Pengertian Processor merupakan salah satu komponen yang sangat berpengaruh terhadap kecepatan Computer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.
Sejarah Perkembangan Processor awalnya pada tahun 1971, yaitu kemunculan microprocessor pertama Intel yang digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Selanjutnya, pada tahun 1993, Microprocessor berubah nama menjadi Intel® Pentium® Processor.

Pada awal tahun 1997, di rilislah Intel® Pentium® II Processor yang merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Di tahun 2000, Intel kembali mengeluarkan processor terbarunnya yaitu Intel® Pentium® 4 Processor.

Dan pada saat ini, Processor Intel telah berubah menjadi Intel Quad-core Xeon X3210/X3220 yaitu Processor yang digunakan untuk tipe server dan memiliki 2 buah core dengan masing-masing memiliki konfigurasi 2.13 dan 2.4GHz, berturut-turut , dengan 8MB L2 cache ( dapat mencapai 4MB yang diakses untuk tiap core ), 1.06GHz Front-side bus, dan thermal design power (TDP).

Jenis-Jenis Processor pada umumnya terdapat dua jenis, yaitu Intel dan AMD. Processor Intel lebih sering di pakai untuk aplikasi design, editing video, programing, dan database yang di nilai mempunyai kecepatan proses. Sedangkan pengertian processor AMD di pakai untuk aplikasi game (online dan offline) ataupun aplikasi yang membutuhkan bandwith yang cukup.

Komentar