Cara Penerapan Teknologi LED Dalam TV LCD

Cara Penerapan Teknologi LED Dalam TV LCD Saat ini ada dua cara utama backlighting LED diterapkan ditelevisi panel datar LCD. Salah satu jenis LED backlighting disebut sebagai Edge Lighting. Dalam metode ini, sebuah LED lampu latar seri ditempatkan
di sepanjang tepi luar layar. Cahaya ini kemudian tersebar diseluruh layar. Keuntungan dari penerapan metode ini adalah bahwa LED/LCD TV dapat dibuat sangat tipis.

Di sisi lain, kelemahan Edge Lighting adalah bahwa tingkat hitam tidak merata dan daerah tepi layar memiliki kecendrungan lebih terang dari area tengah layar. Kadang-kadang Anda juga dapat melihat apa yang disebut sebagai "spotlighting" di sudut layar dan atau bercak putih "white blotches" tersebar diseluruh layar. Saat dilihat siang hari atau adegan interior menyala, efek ini biasanya tidak terlihat namun mereka dapat terlihat pada berbagai derajat saat malam hari atau adegan gelap dalam program TV atau film.

Cara penerapan atau bagaimana teknologi LED digunakan Dalam TV LCD - LED Technology Process
alt

Jenis lain dari LED backlighting disebut sebagai Full-Array (juga disebut kadang-kadang sebagai Full LED / Direct Lit LED). Dalam metode ini, beberapa baris dari LED ditempatkan di belakang seluruh permukaan layar. Keuntungannya adalah perangkat ini dapat mengatasi "local dimming" (jika diterapkan oleh produsen). Jika "local dimming" diimplementasikan, ini berarti bahwa setiap LED atau kelompok LED tertentu dapat dihidupkan dan dimatikan secara independen dalam area layar tertentu, sehingga memberi kontrol kecerahan dan kegelapan untuk setiap daerah, tergantung pada sumber bahan yang ditampilkan.

Jika Anda mempertimbangkan pembelian sebuah LED/LCD TV, cari tahu merek dan model yang sedang menggunakan Edge atau metode Full LED dan lihat setiap jenis ketika berbelanja untuk melihat jenis LED backlighting yang terlihat terbaik untuk Anda.
ALT

Bagaimana Teknologi LED Digunakan Dalam TV LCD
Light On : Lampu LED disusun dalam kelompok dibelakang layar

Karena LED dirancang berbeda dibandingkan dengan sistem backlight neon standar, ini berarati bahwa LED backlight LCD model baru menawarkan perbedaan berikut dengan LCD standar:
Kosumsi daya yang rendah.
Tidak ada Mercury digunakan seperti pada beberapa sistem backlight LCD lainnya.
Lebih seimbang saturasi warna.
Dalam LED/LCD TV dengan menggunakan metode Full LED, ada sedikit atau tidak ada kebocoran dalam adegan gelap. Hal ini memberikan kontribusi ke tingkat hitam lebih baik daripada televisi LCD tradisional atau LED Edge Lighting.
TV LCD yang menggunakan Full LED atau Full LED baklighting lebih tebal daripada TV LCD yang menggunakan sumber cahaya Edge Lighting. Dengan kata lain LED/LCD TV yang menggunakan metode Edge Lighting dapat dibuat lebih tipis dari LCD standar dan Full LED televisi LCD

Semoga dengan informasi diatas mengenai bagaiman teknologi LED digunakan dalam TV LCD bisa menambah pemahaman Anda.

Komentar