Tips Memasak Menggunakan Microwave Oven

Tips Memasak Menggunakan Microwave Oven Dunia semakin maju, kota-kota semakin besar, penduduk makin banyak, dan hidup makin kompetitif. Dalam situasi seperti itu semua orang inginnya serba cepat. Gaya hidup yang demikian
berpengaruh pula ke dalam cara kita menyiapkan dan mengkonsumsi makanan. Misalnya, orang jaman sekarang tak mau repot dengan berlama-lama menyiapkan makan malam yang ribet. Beli saja makanan matang atau, kalau tidak, ya memasak dengan microwave oven karena lebih praktis.
ALT

Jaman sekarang jika tidak punya atau tidak tau cara memasak dengan microwave oven sering dianggap kuno. Mengapa demikian ? Sebab dengan menggunakan oven microwave maka proses memasak jadi lebih nyaman, bersih dan praktis. Misalnya untuk menyiapkan makanan, minuman ataupun membuat snack.  Kita pasti tidak ingin bertahan dengan cara memasak yang ribet dan lama bukan ?  

Sayangnya tidak semua orang tau bagaimana kiat memasak menggunakan oven microwave. Sehingga segala manfaat dan keuntungan dari peralatan dapur ini belum bisa maksimal. Ketidaktahuan dalam pengoperasian ini juga bisa membahayakan pemakainya, serta membuat ragu dalam membeli atau memilih microwave. Padahal yang demikian itu tak perlu terjadi jika kita punya sedikit waktu untuk mempelajarinya.  

Agar manfaat dari microwave oven ini bisa maksimal, serta terhindar dari hal yang tidak diinginkan, maka kita perlu mengetahui beberapa kiat memasak dengan alat ini. Berikut adalah tips memasak menggunakan microwave oven.

1.    Pertama-tama baca instruksi tentang peringatan keselamatan yang menyertai barang yang Anda terima. Instruksi tersebut sangat penting untuk dipahami.
2.    Colokkan kabel listrik ke stop kontak khusus, jangan dicampur atau ditumpuk dengan kabel peralatan lain.
3.    Taruh makanan dalam wadah tipe microwave safe. Atau gunakan wadah dari gelas atau keramik. Wadah jangan terbuat dari logam.  
4.    Taruh wadah makanan kedalam oven microwave, wadah sebaiknya diberi penutup agar makanan tidak muncrat. 
5.    Tutup pintu microwave oven dengan benar. Jangan memulai memasak sebelum pintunya benar-benar tertutup. 
6.    Atur waktu yang dibutuhkan sesuai resep masakan. Jika pengaturnya berbentuk dial, putar searah jarum jam sampai ke posisi waktu yang diinginkan. Jika pengaturnya berbentuk digital, masukkan angka waktu yang diinginkan (dalam hitungan menit), lalu tekan tombol “Cook” untuk mulai memasak. Jangan mengatur waktunya melebihi yang disarankan. Jika makanan dalam bentuk beku lakukan defrost terlebih dahulu.
7.    Setelah matang makanan jangan langsung dikeluarkan. Beri sedikit jeda agar tidak terlalu panas. Penutup makanan juga jangan langsung dibuka, karena uapnya bisa sangat panas. Biarkan masakan mendingin secara perlahan agar panas lebih merata.

Selama memasak dengan oven microwave

Perhatikan hal berikut ini selama proses memasak.  

1.    Jika makanan ditutupi selama memasak, sebaiknya penutup makanan sedikit dibuka untuk ventilasi uap panas.
2.    Jika mungkin potong makanan menjadi potongan-potongan kecil. Potongan kecil membuat waktu memasak jadi lebih singkat. Sebagian kalangan menyarankan agar potongan itu dibuat dalam bentuk dan ukuran yang relative sama agar penempatannya bisa maksimal. 
3.    Sebelum memasak, gunakan garpu untuk menusuk makanan yang memiliki kulit. Seperti sosis, kentang atau hotdog. Untuk telur tusuklah bagian kuningnya dengan tusuk gigi. Gunanya agar tidak meletus atau muncrat.
4.    Agar panas lebih merata, makanan sebaiknya sering diaduk-aduk. Selain itu tempatkan makanan secara merata, jangan menumpuk pada satu tempat saja, misalnya ditengah.

Peringatan keselamatan

Microwave oven adalah peralatan masak yang menggunakan teknologi gelombang mikro untuk pemanasannya. Alat ini mampu memanaskan makanan tapi ia sendiri tidak menerima panas. Untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan, sebelum atau selama memasak sebaiknya perhatikan hal-hal berikut :

1.    Jangan pernah menggunakan wadah yang terbuat dari metal, kecuali jika ada resep khusus yang mengharuskan hal seperti itu. Sebagaimana diketahui gelombang mikro tidak bisa melewati bahan yang terbuat dari metal, sehingga bisa merusak alat.
2.    Jangan mengoperasikan microwave jika dalam keadaan kosong. Ini juga bisa menimbulkan api.
3.    Jangan mengoperasikan oven microwave jika pintunya rusak atau tidak bisa menutup dengan aman.
4.    Jangan memanaskan air atau cairan lain melebihi waktu yang disarankan. Air dalam gelas atau mangkuk kelihatannya tidak berbahaya, tapi jika muncrat akan sangat panas.
5.    Pastikan setiap wadah : gelas, mangkuk atau piring memiliki label microwave safe.
6.    Jangan berdiri persis di depan microwave ketika alat itu sedang beroperasi, ambilah jarak sekitar 2 – 3 meter. Berdiri terlalu dekat bisa mengganggu kesehatan.
7.    Jika rusak, jangan pernah mencoba memperbaikinya sendiri. Microwave oven adalah alat yang kompleks dengan sirkuit yang rumit.

Kelebihan dan kekurangan menggunakan microwave

Nggak ada alat yang sempurna. Memakai alat elektronik apapun pasti ada kekurangan atau kelebihannya, termasuk oven microwave. Kelebihan  menggunakan alat dapur ini adalah : teknik memasak yang ramah lingkungan, hemat waktu dan hemat energy, lebih praktis, dan mudah dibersihkan, serta makanan yang dimasak lebih terjaga nutrisi dan gizinya. Sedangkan kekurangannya : rumah perlu daya listrik terpasang yang cukup besar untuk tarikan awal, jika ceroboh dalam penggunaan bisa membahayakan keselamatan.    

Kegunaan microwave selama bulan puasa

Bagi yang muslim, manfaat microwave sangat dirasakan pada bulan puasa Ramadhan, terutama saat  menyiapkan makanan sahur. Memasak makanan untuk sahur jadi lebih singkat dan praktis. Biasanya makanan disiapkan saat malam sebelum tidur. Setelah itu makanan ditaruh di kulkas. Dan menjelang sahur makanan dihangatkan kembali dengan menggunakan microwave. Praktis dan mudah. Dan memang, kepraktisan dan kemudahan ditengah waktu sahur yang singkat adalah kelebihan utama yang tawarkan oleh alat dapur ini. 

Itulah tips singkat seputar memasak dengan menggunakan microwave oven. Semoga bermanfaat.

Komentar