Tips cara merawat remot control dan memperbaiki nya

Remote kontrol merupakan alat yg sangat bermanfaat bagi peralatan elektronika terutama pesawat televisi dan air conditioner (AC). Bagaimana jadinya alat tersebut rusak,tentu kita akan kerepotan dalam memindahkan saluran televisi dan untuk menyalahkan AC.Memang

remot Control bikin kita malas untuk beranjak dari tempat duduk, memang itulah kegunaan remot Control yang memanjakan pengguna nya. Tif dari saya Gunakan Batrai yang bermutu karena kerusakan Remot sering terjadi pada batrai pertama kalinya tentu anda pernah mengalami nya batrai yang tidak bermutu suka bocor, cairan dari batrai sering merusak jalur remot itu dan berkarat, Remot Control terdiri atas osilator yang dihasilkan oleh Kristal ( umumnya bernilai 455 khz tapi ada beberapa yang bernilai berbeda ) kemudian dikuatkan oleh sebuah transistor yg selanjutnya dipancarkan oleh lampu LED infra merah. Cahaya yang dipancarkan oleh LED tidak dafat dilihat oleh mata kita. Selanjutnya cahaya imfra merah diterima sensor penerima dipesawat televisi/AC kemudian diolah oleh IC program. Maka jadilah kita dapat mengontrol pesawat televisi /AC kita. Kita dapat mengetes remote Control masih berpungsi atau tidak dengan mengunakan alat khusus semcam sensor penerima pada pesawat televisi / AC yang bisa dapat dibeli ditoko elektronika. Bisa juga dites menggunakan pesawat radio AM yang dituning pada frekuensi tertentu yang akan menghasilkan bunyi "tut tut tut" tiap kali kita memencet tombol remot yang di tes, Bisa juga mengunakan kamera hp dapat menangkap cahaya impfra merah dari remote. 
TIF UNTUK MEMPERBAIKI REMOTE CONTROL
 Berikut langkah langkah yg dapat dilakukan untuk memeperbaiki remote Control sebelum memutuskan beli baru karena beli baru belum tentu ada yg aslinya kalau bukan asli resikonya menu remote itu tidak akan sesuai dengan asli nya.
 1. Bukalah remot yg rusak itu lalu bersihkan dari debu dengan kuas,hati hati saat membersihkan bagian yang ada lapisan karbonnya lebih baik bersihkan pakai kapas yang diberi alkohol atau dengan contact cleaner (wd 40) .
 2. Periksa apa ada jalur yg putus atau retak ( dalam kasus ini sering terjadi jalur berjamur berkarat akibat batrai nya bocor maka nya gunakan batrai yg bermutu kalau gak mau direpotkan sama remote control )
2.Ganti kristal dengan yang baru(sering sekali kristal ini mati)
3.Periksa transistor
4.Periksa lampu led infrared
5.Jika semuanya ok tapi remote tetap ngadat dapat dipastikan icnya yang rusak,kalau sudah pasti rusak memang susah cari sparepartnya jadi saatnya ganti remote atau menunggu kalau ada kanibalan.Sebelum mengganti kristal, transitor dan lampu LED imfra merah ukurlah transistor dengan multi tester (avo meter) cara mengukur lampu LED dan transitor akan saya bahas diposting selanjut nya.Semoga bermanfaat
.

Komentar