Cara memperbaiki Magic com

Hampir disetiap rumah tentunya sudah memiliki penanak nasi atau yang biasa disebut dengan magic jar atau magic com. Karena alat ini biasa digunakan setiap hari, dan mungkin malah selalu bekerja setiap waktu untuk memanaskan nasi, tentunya suatu ketika akan mengalami kerusakan karena masalah umur komponennnya atau mungkin kita tidak beruntung, baru seminggu beli sudah rusak. Agar bila sewaktu-waktu peralatan tersebut mengalami kerusakan kita dapat memperbaikinya sendiri atau setidaknya tahu apa kerusakannya, maka kita perlu mengenal komponen-komponen yang ada di dalamnya. Apa saja komponen magic jar atau megic com
Komponen-komponen pada magic jar atau magic com
  1. 2 buah Lampu LED yang berfungsi sebagai tanda: 1.Power 2. Warm
  2. Thermostate, berfungsi sebagai saklar control atau pemutus hubungan
  3. Elemen Body, yaitu berupa lilitan seperti kabel yang ditutup dengan kertas aluminium yang berfungsi sebagai pemananas. Elemen body ini merupakan komponen paling utama.
  4. Elemen Tutup, mirip dengan elemen body, hanya saja ukurannya berbeda. Tugasnya mengontrol kadar uap.
  5. Kabel Penghubung, menghubungkan arus listrik ke alat.
    Saat kabel dihubungkan dengan listrik kedua lampu akan menyala sebagai indicator adanya hubungan/arus listrik masuk, arus listrik mengalir melalui kabel dan thermostate menuju kedua elemen (body dan tutup) langsung bekerja (Panas). Nah Thermostate ini nantinya bertugas mengontrol suhu atau panas pada body magic jar/com, bila sudah mencapai suhu panas terntu maka dia akan secara otomatis memutuskan hubungan listrik yang masuk ke elemen body. Kemudian bila pada saatnya nanti suhu panas sudah dibawah standart, maka termostate ini akan kembali bekerja menghubungkan listrik ke elemen body.
    Keluhan atau masalah yang sering muncul pada magic jar atau magic com
  6. Nasi cepat basi/kuning/bau dan sejenisnya
Biasanya ini terjadi karena elemen tutup tidak bekerja normal, bisa jadi putus atau mati. Silahkan coba ganti elemen tutup yang posisinya ada didalam penutup magic com/jar.
  1. Nasi cepat kering atau mungkin gosong.
Ini biasa terjadi bila thermostate tidak berfungsi normal. Sebaiknya langsung saja diganti.
  1. Tidak bisa panas, baik untuk menanak atau menghangatkan.
Untuk masalah ini kemungkinan besar kerusakan pada elemen body. Atau bisa juga pada thermostate (mungkin putus) atau bila ada sekringnya, coba cek putus atau tidak. Pastikan arus listrk mengalir ke elemen body.
Dengan mengetahui cara kerja serta beberapa keluhan atau masalah yang biasanya timbul, kita sebenarnya tidak perlu lagi harus bersusah payah membawa peralatan penanak/pemanas nasi ke tempat service karena kita sudah bisa memperbaikinya sendiri.
Komponen yg sering terjadi rusak silahkan lihat gambar dibawah ini  Saya mengambil sampel dari beberapa merk/Produk
Kasus nasi kuning atau basi biasa nya rusak alemen yang berada di tutup magic com contoh alemnt gambar dibawah ini


Komentar