Memasak dengan Gelombang Mikro | Oven Microwave

Oven microwave (microwave oven) adalah alat memasak listrik yang menggunakan energi gelombang mikro untuk memanaskan makanan. Pada oven microwave energi listrik diubah menjadi energi gelombang mikro, energi gelombang mikro ini akan diubah menjadi panas pada molekul makanan yang dipanaskan. Oven microwave adalah gadget dapur modern yang semakin populer karena dapat memasak atau memanaskan makanan dalam waktu yang sangat singkat.
Gelombang Mikro Yang Istimewa
Oven microwave menggunakan gelombang mikro untuk memasak atau memanaskan makanan. Gelombang mikro yang digunakan oven microwave untuk memanaskan makanan mempunyai panjang gelombang 12,2 cm dan frekuensi 2,45 Gigahertz (2,45 juta getaran per detik). Spektrum gelombang ini terletak antara gelombang radio FM (frequency modulation) dan sinar infra merah.
Gelombang radio pada rentang frekuensi ini mempunyai sifat yang menarik, Karena dapat diserap oleh air, lemak, dan gula. Saat gelombang ini terserap suatu benda, gelombang ini langsung berubah menjadi panas gerakan atom. Gelombang mikro pada frekuensi ini mempunyai sifat menarik lainnya yaitu gelombang ini tidak terserap oleh kebanyakan jenis plastik, gelas atau keramik. Logam memantulkan gelombang mikro sehingga wadah yang terbuat dari logam tidak cocok untuk digunakan sebagai wadah dalam microwave.
Bagaimana Oven microwave Memanaskan Makanan
Oven microwave bekerja dengan memanaskan molekul air di dalam makanan. Energi gelombang mikro diubah menjadi energi panas molekul air yang selanjutnya mamanaskan molekul-molekul lainnya yang ada dalam makanan yang dipanaskan. Makanan kering seperti beras atau pasta tidak akan matang dimasak dengan oven microwave, kecualai jika berada dalam air.
Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave
Oven microwave memiliki beberapa komponen utama. Di dalam kotak metal yang kokoh, terdapat sebuah pembangkit gelombang mikro (microwave generator) yang disebut magnetron. Saat oven microwave dinyalakan, magnetron yang mendapat energi listrik dari transformator akan mengubah energi listrik tersebut menjadi gelombang mikro dengan frekuensi 2,45 GHz. Gelombang mikro ini selanjutnya dilewatkan pada sebuah kanal yang disebut waveguide yang kemudian mengarahkan gelombang tersebut ke ruang pemanasan oven. Makanan diletakkan pada sebuah pelat bulat yang berputar sehingga makanan terkena gelombang mikro secara merata.
Komponen-komponen utama sebuah oven microwave
Bagaimana Oven microwave Bisa Memasak dengan Cepat
Kelebihan utama oven microwave adalah penggunaan energi panas untuk memasak sangat efisien, karena gelombang mikro langsung memanaskan molekul-molekul makanan tanpa perlu memanaskan wadah atau udara ruang pemanasan terlebih dahulu. Wadah yang digunakan dalam microwave hanya melewatkan gelombang mikro tanpa menyerap atau memantulkannya. Dengan cara kerja seperti ini oven microwave memasak jauh lebih cepat daripada oven biasa.

Komentar