Pengertian Domain dan Hosting

Hosting adalah sebuah tempat untuk menyimpan data-data di internet (dunia maya) baik berupa tulisan, gambar ataupun file-file lainnya.hosting ada yang berbayar, dan juga ada yang gratis. kalau Agan masih dalam tahap belajar sebaiknya menggunakan hosting yang gratis agar lebih hemat. untuk yang berbayar harganya berfariasi. biasanya harga dikelompokkan berdasarkan kapasitas. semakin banyak kapasitasnya featurnya juga lebih kumplit.

walaupun sering disebut pembelian hosting, tapi kita tidak bisa memilikinya selamanya atau lebih enaknya disebut dengan sewa. yaitu sewa hosting dengan kapasitas sekian dalam waktu sekian bulan / thn. setelah masa aktif sewa hosting tersebut habis bisa diperpanjang ditempat yang sama pula, tapi jika tidak diperpanjang dan sudah expired maka account hosting kita tidak bisa diakses lagi.otomatis data kita yang tersimpan didalam hosting yang kita sewa tersebut juga akan hilang.

Domain adalah alamat url website sebagai pengganti format deretan angka dari alamat IP client server hosting tempat file web diletakkan. jadi untuk hosting dan domain saling berikatan. tidak akan jalan jika salah satu tidak terpenuhi.domain juga sama dengan hosting dalam sistem pembeliannya, walaupun dikatakan membeli tapi tidak selamanya kita miliki, ada batasan sampai berapa tahun kita menyewa domain itu. contoh domain “.com, .net, .org, .web.id, .co.id, .or.id, dll”.
domain juga sama halnya seperti hosting, ada yang gratis, dan ada yang berbayar. yang berbayarpun juga bervariasi harganya. untuk yang gratis yang saya tahu adalah co.tv. co.cc dll kalau berminat silahkan mencoba kunjungi untuk yang berbayar juga banyak variasinya. kalau yang Top Level Domain (TLD) seperti .com .net .org  berkisar Rp 85.000 – 95.000 atau sekitar $9-$10. kalau www.multiteknik66.net, 3 thn yang lalu saya beli Rp.85 400,-/ Tahun Sekian penjelasan Domain dan Hosting

Komentar