Cara menyimpan makanan dalam botol dan kaleng dilemari es

Makanan dan minuman dalam botol dan kaleng jangan disimpan dalam freezer pada suhu 0°C, Cairan didalamnya  akan membeku volumenya mengembang volume ini dapat memecahkan botol dan merusak kaleng.
Menyimpan margarine dan mentega
Margarine berasal dari tumbuh-tumbuhan dan mentega berasal dari hewan. Margarine dan mentega dalam kaleng yang besar, setelah dibuka kalengnya harus dibungkus dahulu baru disimpan pada salah satu rak lemari es pada suhu 16°C. untuk pakai setiap hari dalam jumlah yang sedikit, sebagian dari margarine atau mentega dapat dismpan pada tempat mentega (butter compartnebt).

Menyimpan sayur-mayur
Sayur-mayur yang akan disimpan didalam lemari es harus dipilih yang masih baru dan segar. Sebelum disimpan sayur-mayur harus dicuci dengan air dingin sampai bersih,untuk menghilangkan pasir,debu dan lain lain kotoran.sayur mayur harus disimpan atas titik bekunya dalam bak sayur (vegetable drawer atau crisper) pada suhu 4 - 7°C. untuk memperoleh hasil yang lebih baik,harus diusahkan agar selalu ada sedikit air yang tertinggal pada permukaan sayuran.sayur yang sudah layu jika disimpan dalam lemari es, tidak dapat menjadi segar kembali,tetapi bahkan akan menjadi makin layu dan kering.

Menyimpan buah
Kita harus membeli buah yang sudah masak dan masih segar. Buah sebelum dimasukan dalam lemari es harus dicuci dengan air dingin,lalu dikeringkan dan disimpan diatas kaca bak sayur pada suhu 4 - 7°C. Buah yang belum masak jangan disimpan dalam lemari es. Buah tersebut tidak akan menjadi masak didalam lemari es. Pisang jika disimpan dibawah suhu 13°C, kulitnya akan menjadi rusak,timbul bintik-bintik hitam.

Membungkus makanan
Semua makanan yang dapat merusak,memindahkan atau menimbulkan bau, jika dismpan dalam lemari es harus dibungkus dengan maksud:
1.Untuk menghindarkan bau tidak sedap didalam lemari es
2.Untuk menghindarkan makanan menjadi kering
3.Untuk menghindarkan makanan tumpah atau tercecer didalam lemari es.
Bau tidak sedap didalam lemari es disebabkan oleh makanan yang disimpan terlalu lama atau tumpah dan tidak segardibersihkan. Lemari es setiap 10 hari atau 2 minggu harus dicuci dan dibersihkan semua bagian dalamnya. tidak sempat untuk membersihkan kulkas silahkan hubungi www.multiteknik66.net 

Komentar