Cara Menyimpan makanan di dalam lemari es

Maksud dan tujuan: Menyimpan makanan di dalam lemari es, Pada saat ini ibu rumah tangga tidak dapat tiap hari ke pasar membeli bahan makanan yang segar. Jika ibu rumah tangga pergi kepasar,mereka membeli bahan makanan untuk keperluan beberapa hari,maka bahan makanan tersebut harus disimpan didalam lemari es atau freezer,agar tidak rusak dan membusuk.
Untuk menyimpan makanan didalam lemari es ada tiga syarat yang penting
1. Mutu - hanya bahan makanan dengan mutu yang baik dan masih segar dapat disimpan dalam lemari es, agar tidak terjadi perubahan: warna,rasa,bentuk,gizi.
2. Kecepata - makin cepat bahan makanan menjadi dingin dan makin cepat dimasukan  kedalam lemari es, akan hasil lebih baik.Pada pembekuan yang cepat, zat cair dalam bahan makanan akan membeku,menjadi kristal-kristal yang halus.sebaiknya jika pembekuan lambat akan terbentuk kristal kasar,dapat merusak makanan.
3. Membungkus yang tepat - semua makanan yang akan dimasukan dalam lemari es harus dibungkus dengan pembungkus yang sesuai dan diletakan pada tempat yang tepat.

Menyimpan daging
Daging yang akan disimpan harus dipilih yang masih baru dan segar.Pada lemari es yang mempunyai tempat daging (meat tray),daging dapat disimpan sampai tujuh hari lamanya.Suhu didalam tempat daging -1°c ,sedikit diatas titik beku dari daging -2°c . Untuk menyimpan daging yang berlainan jenis,masing-masing daging harus dibungkus dengan keretas lilin atau plastik.Agar warna dan rasa daging tidak berubah dan tidak memindahkan bau dari daging yang satu kepada daging yang lain.
Pada lemari es yg tidak mempunyai tempat penyimpanan daging yang khusus, daging hanya dapat disimpan selama tiga hari saja. Daging harus dibungkus dengan kertas lilin yg tipis atau plastik dan diletakan diatas rak lemari es.Daging segar hanya dapat dibekukan sekali saja dan setelah dimasak dapat dibekukan sekali lagi.Janganlah membekukan kembali sisa daging yang suhunya sudah diatas25°Celsius.

Komentar