Maksud Mendinginkan atau Mengawetkan makanan

Mengawetkan makanan dapat diusahakan dengan: dikeringkan, diasinkan (diberi garam), dirempahi (diberi rempah-rempah),dibuat manisan dan didinginkan. Dahulu manusia mendinginkan makanan dengan tujuan agar makanan dapat disimpan lebih lama dan tidak membusuk, meskupun sebab terjadinya pembusukan ini tudak mereka ketahui, disebabkan oleh jasad renik (microbes) yang ada pada bahan makanan< yaitu: kuman.lumut,jamur dan lain lain

Suhu di dalam lemari es
Pada suhu udara ruang dalam keadaan yang lembab, jasad renik dapat berkembang biak dengan cepat sekali. Pada suhu udara yang lebih tinggi, jasad renik dapat berkembang biak lebih cepat lagi, sehingga jumlah nya berlipat ganda, menjadi ratusan,ribuan bahkan jutaan kali dari jumlah semula. Telah diselidiki bahwa suhu 10 °c  adalah batas suhu yang paling baik dimana jasad renik sukar berkembang biak,sedangkan bahan makanan masih dapat disimpan dalam keadaan baik. Pada suhu dibawah 0°c,zat cair didalam sayuran dan buah buahan akan membeku dan mengembang. Perubahan wujud dan volume ini dapat merusak sayuran dan buah -buahan,maka harus dihindarkan. Bahan makanan yang mengandung banyak air, terutama buah-buahan, dan sayur-mayur hrus disimpan diatas titik beku dari zat cair,antara 3-10°c Suhu tersebut harus dipertahankan didalam lemari es.

Untuk Menyimpan Film dan bahan kimia, suhunya harus disesuaikan dengan kebutuhan.Menyimpan dengan didinginkan tidak akan membuat barang-barang yang disimpan menjadi lebih baik mutu dan keadaan nya, juga tidak untuk membuat steril,tetapi hanya mengusahakan agar bahan makanan tidak cepat membusuk dan menjadi rusak.

Jadi tujuan dari mendinginkan didalam lemari es yaitu:
1. Agar dapat menyimpan makanan lebih lama dalam keadaan tetap baik
2. Membuat buah dan minuman lebih enak rasanya
3. Untuk menyimpan Film dan bahan kimia tertentu agar tidak rusak
4 Untuk membuat es

Komentar