Tips Menganalisa Kerusakan Notebook

Menganalisa kerusakan Notebook membutuhkan kejelian dan kesabaran. Jangan terburu-buru memutuskan sebelum melakukan cek secara keseluruhan kondisi Notebook anda. 
Berikut ini adalah beberapa permasalahan Notebook yang sering terjadi : Mati atau Power Failure. Untuk kasus mati yang perlu anda cek pertama kali adalah batery Notebook anda. Kemungkinan batery Notebook anda habis total. Coba lakukan pengisian dan tunggu kira-kira 1/2 jam. 
Penyebab lain adalah adaptor Notebook yang tidak berpungsi Anda dapat cek dengan lampu indikator carger di Notebook menyala ketika Notebook di kasih adaptor. Jika lampu indikator tidak nyala, ada kemungkinan adaptor yang rusak ataupun konektor power board yang rusak atau board Notebook nya yang rusak. Kemungkinan lain board Notebook mati total sehingga menyebabkan Notebook mati total sama sekali. Lampu power nyala tapi layar LCD tidak menampilkan gambar. Coba cek dengan memasang monitor eksternal pada port VGA di Noteebok anda. Kemudian hidupkan Notebook anda, jika Notebook masih mati, kemungkinan kerusakannya adalah VGA, Prosessor, mainboard, IC BIOS, atau RAM yang kotor atau rusak. Coba lakukan cek satu per satu. Dan jika monitor eksternal hidup dan tampil gambar dengan normal, kemungkinan kerusakan ada di inverter LCD, kabel flexibel LCD, ataupun LCD monitor anda. Jika kerusakan ada di Layar LCD, maka anda harus mengganti Layar LCD tersebut, karena layar LCD tidak bisa diperbaiki.Masalah Pendinginan Notebook Permasalahan umum yang sering dihadapi pemakai Notebook adalah masalah panas, bagaimanapun juga panas adalah musuh utama dari Notebook, hampir 75 % kerusakan Notebook disebabkan panas yang berlebihan. Apalagi di dalam casing Notebook hampir tidak ada ruang kosong semuanya dipenuhi dengan komponen. Masalah yang sering muncul dibagian ini adalah tersumbatnya saluran pembuangan panas pada heatsink karena tertutup oleh debu. Hal ini menyebabkan panas yang seharusnya dikeluarkan kembali masuk ke dalam Notebook. Akibatnya suhu di dalam Notebook meningkat dari yang seharusanya diperbolehkan. Hal ini dapat menyebabkan over heating pada VGA chip, Procesor, dan komponen mainboard Notebook yang lain. Masalah Port dan Konektor Power. Sekian yg kami bisa sampaikan tentang menganalisa notebook.

Komentar

  1. waw...kalau di cas seharian trs panas sama di pake trs menerus panah cepat rusak yg mana om??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wulan trims atas kunjungannya,untuk menggunakan Notebook sebaiknya jgn meletakan dikasur atau dijok kursi karena pentilasi yg dibawahnya akan tersumbat.Semoga Tips dari Om Bermanfaat

      Hapus

Posting Komentar