Tips merawat Solar water heater | Tenaga surya

Tips merawat  Solar water heater / Tenaga surya kini memang sedang naik daun dan menjadi primadona dikelasnya. Bukan hanya soal keamanan sistem yang terjamin, energi yang ramah lingkungan dan tak terbatas, ataupun biaya operasionalnya yang kecil, yang menjadikan solar water heater menjadi pemanas air pilihan di kalangan masyarakat. Lebih dari itu, umur sistemlah yang bisa mencapai lebih dari 20 tahun yang menjadikan Solar Water Heater pilihan utama.
Tentunya jika Anda membeli suatu barang, menginginkan barang tersebut tahan lama dan tak mudah rusak bukan?. Ya dengan adanya Solar Water Heater memberikan solusi kepada Anda akan hal tersebut. Umur sistem yang panjang itu bukan serta merta bisa Anda dapatkan begitu saja, tetapi Anda juga harus merawat sistem itu agar bisa tahan lama dan dapat mencapai umur yang maksimal. Berikut merupakan beberapa tips merawat solar water heater:
Pengecekan Berkala (1 – 3 bulan)

1. Pastikan bahwa tidak ada kerusakan fisik yang terjadi pada unit.
2. Bersihkan semua debu yang sudah menumpuk pada unit.
3. Periksa aliran pipa antara kolektor dan tangki penyimpanan.
4. Periksa semua koneksi untuk menghindari kebocoran dan pastikan bahwa semua komponen    bekerja dengan tepat.
 5. Periksalah Air Vent apakah masih beroperasi dengan baik. Air Vent sendiri berfungsi untuk mengeluarkan uap panas jika terjadi over flow.

Pengecekan setiap 6 bulan - 1 tahun  
1. Periksalah pompa control agar suplai air yang dihasilkan lancar dan maksimal.
2. Periksalah istalasi pipa untuk menghindari kerusakan.
3. Kuraslah unit Solar Water Heater Anda, bersihkan, dan ganti dengan air yang baru. Hal tersebut harus dilakukan agar tidak terjadi penyumbatan pada unit yang disebabkan karena adanya kotoran-kotoran yang terbawa oleh air. Selain itu, jika kotoran tersebut terus dibiarkan akan menjadi endapan yang akan mempengaruhi kualitas air dan mempercepat korosi pada tangki.
4. Periksalah check valve, pressure valve, dan one way valve apakah masih berfungsi baik.

Itulah beberapa tips merawat Solar Water Heater agar umur yang dicapai unit dapat maksimal. Yang paling penting dari semua tips diatas adalah kualitas Air yang masuk ke unit. Semakin baik kualitas air Anda, semakin lama pula umur unit Anda.

Komentar