Tips Mengenal jenis water heater

Tips Mengenal jenis water heater  Pada awalnya, water heater lebih banyak digunakan pada negara-negara yang beriklim dingin. Namun, kini negara-negara tropis seperti di Indonesia pun mulai marak menggunakan water heater. Sebagian besar konsumen water heater tersebut adalah masyarakat yang tinggal di kota-kota.
Bagi pekerja kantor, rasa lelah setelah bekerja seharian di kantor memang menyebalkan. Tentu mereka memerlukan sebuah kenyamanan ketika pulang ke rumah. Nah, kenyamanan tersebut antara lain dapat dinikmati dengan berendam di air panas.

Salah satu alat yang tepat agar Anda dapat menikmati berendam di air panas adalah dengan menggunakan water heater. Pada umumnya, water heater dibagi menjadi tiga jenis yaitu gas water heater, electric ( listrik) water heater, dan solar water heater.

Pada intinya, prinsip kerja dari gas water heater hampir sama ketika Anda memasak air dengan menggunakan kompor gas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan memasang gas water heater adalah ventilasi udara di dalam kamar mandi tersebut. Hal ini untuk mencegah jika sewaktu-waktu gas bocor sehingga aliran udara mengalir ke luar ruangan. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda meminta bantuan orang yang berpengalaman ketika akan melakukan proses pemasangan gas water heater terutama untuk di kamar mandi.

Selain gas water heater, ada juga water heater yang menggunakan tenaga listrik. Prinsip kerja water heater jenis ini hampir sama ketika Anda memasak air dengan menggunakan listrik seperti pada termos listrik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan water heater jenis ini adalah tersedianya alat pengaman listrik. Selain itu, agar pemakaian listrik tak terlalu boros, thermostat water heater dapat diatur agar tak terlalu panas sehingga water heater tak bekerja terus-menerus. Untuk menghindari risiko tersengat listrik, Anda dapat memasang antikontak di water heater jenis ini.

Jenis water heater lainnya adalah solar water heater. Cara kerja water heater tipe ini adalah menggunakan prinsip penyerapan tenaga matahari. Solar water heater dapat menjadi cara yang efektif untuk menghasilkan air panas dirumah Anda. Alat ini juga dapat digunakan dalam iklim apapun, dan bahan bakar yang digunakan merupakan bahan bakar terbaru yaitu sinar matahari bebas. Solar water heater merupakan sistem yang didesain untuk menghadirkan air panas sepanjang tahun. Namun, di musim hujan kadang panas matahari yang diperoleh tidak dapat mencukupi untuk memanaskan air. Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut, solar water heater merupakan alat yang telah didesain dengan tekhnologi mutakhir sehingga jika hal tersebut terjadi sistem masih bisa memanaskan air menggunakan backup listrik. Selain itu, inovasi teknis pada alat ini telah meningkatkan kinerja, lama pakai sistem, dan kemudahan dalam penggunaannya. Desain yang sangat cocok untuk iklim tropis dapat dianggap sebagai teknologi tepat guna bagi negara-negara tropis seperti Indonesia.

Komentar