Mengenal Jenis-Jenis Processor

Mengenal Jenis-Jenis Processor dalam komponen Computer bermacam-macam. Sehingga dalam beberapa tahun ini banyak muncul beberapa jenis processor baru. Hal ini di sebabkan oleh tuntutan pengembangan itu sendiri dan persaingan sengit antara 2 produsen processor, yaitu Intel dan AMD.
Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali Computer yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem Computer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari Computer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard.

Dari beberapa produsen processor hanya ada 2 nama yang menguasai pasar, yaitu jenis-jenis processor Intel dan AMD (Advance Micro Device). Sebagian orang pasti hanya mengenal processor Intel di bandingkan processor AMD. Itu di karena Intel pentium adalah nama prosesor Intel yg paling melegenda.
Processor Intel terbagi bermacam-macam, mulai dari Intel Pentium 4, Intel Pentium D, Intel Pentium Dual-Core, Intel Core 2 Duo dan Intel Core i7. Jenis-Jenis Processor Intel ini memiliki kecepatan proses yang berbeda-beda, mulai dari 1,73 Ghz sampai dengan kecepatan 3,8 Ghz.

Processor AMD pada sejarah perkembangannya memproduksi produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard dan embedded prosesor kartu grafis (GPU). Jenis-Jenis Processor AMD antara lain AMD K5, AMD K6, AMD Duron, AMD Athlon, AMD Athlon 64, AMD Athlon 64 FX, AMD Sempron, AMD 64 X2 Dual Core, AMD Opteron, AMD Cadiz dan AMD Turion.

Jenis-Jenis Processor AMD ini memiliki fitur, jenis, model dan spesifikasi yang berbeda. Salah satunya adalah menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection, ini terdapat pada Processor AMD Athlon 64 FX.

Harga Processor pada umumnya bervariasi, ada yang Rp. 150.000,00 sampai dengan harga yang mahal Rp. 3.000.000,00, tergantung dari jenis dan spesifikasi processor itu sendiri.

Harga Processor Intel terbaru yang dapat memproses 4 thread secara bersamaan. Memiliki 6 MB 3 L chace mendukung beberapa ekstensi termasuk TURBO Boost, AES, dan ekstensi lain. Adapun 3 processor intel terbaru, yaitu :

Core i5-2380, Memiliki 3,1 GHz dan mampu mencapai 3,4 GHz dengan Turbo Boost. tentunya 100 Mhz lebih cepat dari Core i5-2320. Processor ini dihargai dengan $ 177.
Core i5-2450 mempunyai kecepatan 3,2 GHz, mampu meningkat sampai dengan 3,5 GHz ketika Turbo Boost diaktifkan. Processor in dibandrol dengan harga $ 195.
Core i5-2550 mampu mencapai kecepatan 3,4 GHZ. 100 MHz lebih ceat dari Core i5-2500. Ditawarkan dengan harga $255.
Demikian penjelasan singkat mengenai Jenis-Jenis Processor 

Komentar