Tips Cara Penggunaan Winrar

Winrar adalah salah satu aplikasi wajib yang harus dibenamkan di Computer kita. Cara menggunakan winrar sangatlah mudah. Meski begitu, fungsinya sangat beragam.
Selain untuk mengkompresi file, Winrar juga dapat digunakan untuk memecah, membagi, serta melindungi file dari tangan ‘jahil’.  Selain itu Winrar juga dapat digunakan untuk menyederhanakan banyak file untuk disatukan dalam satu file.

Menggunakan Winrar Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan Winrar, pastilah sangat bingung untuk menjalankannya. Berikut beberapa tip yang dapat dimanfaatkan untuk menggunakan Winrar.

Sebelum menggunakan Winrar, sudahkah Anda memiliki Winrar? Download terlebih dahulu aplikasi Winrar di alamat berikut: http://www.rarlab.com/. Jangan khawatir, aplikasi Winrar dapat didapatkan secara cuma-cuma alias gratis.

Jika Anda telah masuk ke laman situs Winrar, cari tombol download untuk segera mengunduhnya. Tunggu beberapa saat hingga proses download selesai. Kemudian cari folder penyimpanan hasil unduhan. Klik dua kali pada file tersebut kemudian instal dan jalankan Winrar.

Untuk membuat file menjadi Winrar, klik kanan pada file tersebut kemudian pilih “add to archive” atau “add to …nama file…” maka file akan segera berbentuk Winrar.

Untuk menyatukan banyak file kecil-kecil, blok semua file tersebut, lalu klik kanan dan pilih “add to …nama file…” maka file-file tersebut akan menjadi satu dalam bentuk Winrar.

Untuk membuka file Winrar, klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih “Extract here” atau “Extract File” maka file Winrar akan terpecah menjadi beberapa folder atau file.

Untuk memberikan password pada file Winrar, buka file tersebut dengan program Winrar terlebih dahulu. Kemudian, pada program Winrar klik “file” kemudian pilih “set default password’, kemudian isikan password-nya dan klik “ok” untuk menyimpan.

Penggunaan Winrar
Seringkali Winrar digunakan untuk memecah file. Memecah di sini berarti memecah file Winrar yang telah dipadatkan sebelumnya. Biasanya file jenis tersebut ditemukan pada hasil unduhan di internet. Atau pada lampiran yang ada di email. Seringkali menggunakan Winrar untuk menyederhanakan file.

Winrar juga sering digunakan untuk membagi file. File yang terlalu besar yang tidak bisa dibagi, disimpan, atau dikirim (lampiran email) biasanya akan dipecah terlebih dahulu menggunakan Winrar.
Cukup sekian tips Penggunaan winrar semoga dimengerti dan bermanfaat.

Komentar