Water Heater Menggunakan Energi Panas AC

Di tengah semakin tingginya biaya kebutuhan hidup, penghematan adalah solusi yang terbaik. Apapun bisa dan harus dihemat. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan air panas. Bagi yang rumahnya ber-AC dan ingin
menikmati air panas tanpa menambah biaya gas atau tagihan listrik, bisa mencoba water heater energi panas
Air Conditoner (AC)
Selama ini energi panas yang dikeluarkan AC terbuang begitu saja. Padahal bisa digunakan untuk memanaskan air. Jadi ibarat pepatah, sekali dayung dua pulau terlampaui. Udara ruangan menjadi sejuk dan mandi bisa menggunakan air panas tanpa harus merogoh kocek dua kali.
Cara bekerjanya seperti ini; biasanya suhu freon yang keluar dari kompresor AC dibuang pada kondensor. Aliran panas itu bisa kita akali dengan membelokkannya ke dalam tangki air dingin sebelum masuk ke kondensor. Akan terjadi kontak antara panas dan air dingin dalam heat exchanger berupa pipa spiral dalam tangki. Air yang semula dingin pun memanas. Sebaliknya suhu freon yang panas menurun. Untuk memperoleh air panas, AC harus menyala dulu. Jadi bila ingin mendapat air panas pagi hari, AC dinyalakan malam sebelumnya.

Saat ini sudah ada dua produsen yang memasarkan water heater energi panas AC, yaitu PT Wijaya Karya Intrade dengan produknya Wika Aircon Water Heater (WAWH) dan PT Rifan Abadi  Prima yang menawarkan Rifan Aircon Water Heater (RAWH).

Produk WAWH dijual dalam satu paket, yakni AC Split dan water heater. AC Split Wika berdaya 900 watt dan memiliki bionizer untuk mencegah penyebaran bakteri. WAWH tersedia dalam kapasitas 75 dan 100 liter. Lapisan luar tangki water heater terbuat dari plat zincalum, sementara dalamnya berbahan stainless steel. Tangki bisa dipasang secara horizontal atau vertikal tergantung tempat pemasangan. Disarankan tangki dipasang di atas outdoor unit dengan pipa penghubung mengarah ke atas guna menjaga kelancaran distribusi freon. Bila ingin mendapat air panas pagi hari, AC dinyalakan malam sebelumnya selama empat jam. Harganya Rp5 jutaan per paket termasuk pemasangan. Garansi tangki dan kompresor tiga tahun, heat exchanger dan spare part satu tahun.

Sementara RAWH hanya tersedia water heater-nya saja. Tidak menjual secara paket karena rata-rata konsumen sudah mempunyai AC. Rifan dapat dipasang pada AC yang sudah ada dengan merek apapun,” Direktur PT Rifan Abadi Prima. Produk RAWH, tidak mengenal batasan kapasitas (PK) AC. “AC berkapasitas ½ PK juga bisa digunakan.

Lamanya pemanasan air sangat tergantung kapasitas AC. Semakin tinggi kapasitas AC-nya maka semakin cepat proses pemanasannya. Proses pemanasannya ideal, maksimal 2 jam. Suhu yang dihasilkan juga tergantung kapasitas AC-nya. AC berdaya ½ PK sampai 1 PK bisa menghasilkan panas 60 sampai 70 derajat Celcius. Sedangkan di atas 1 ½ PK bisa mencapai 70 sampai 80 derajat Celcius. “Air akan tetap panas selama 2 hari saat musim panas dan 1 hari saat musin hujan.

Kapasitas tabungnya sendiri 45 liter yang bisa digunakan untuk 4-5 orang saat musim panas dan 3-4 orang saat musim hujan. Tabung RAWH terbuat dari bahan stainless steel import tipe 304/L. RAWH dijual sekitar harga Rp.4 juta berikut pemasangannya dengan garansi selama tiga tahun.

Produk ini terhitung aman. Sebab alat ini sudah dilengkapi pengaman. Jika terjadi panas berlebihan maka suhunya akan otomatis dikeluarkan. Tabung yang digunakan harus memiliki daya kuat mencapai minimal 6 bar sementara overheat tidak boleh lebih dari 1 bar.

Kelebihan lainnya adalah AC menjadi lebih dingin, tahan lama dan konsumsi listriknya jadi berkurang. Pemanas air ini juga dapat mengoptimalkan sistem pendingin kipas elektrik di outdoor AC sehingga tekanan gas refrigerant pada  kondensor menurun, dan beban kerja kompresor akan berkurang. “Konsumsi listrik menjadi menurun dan biaya listrik dapat dihemat sampai 25%,

Mengenai perawatan, sebaiknya dilakukan secara berkala. Dikuras akan lebih baik. Namun demikian, tidak menjadi masalah jika tangki tidak dikuras, karena terbuat  dari bahan stainless steel yang anti korosi.

Komentar