Pengertian Browser dan Pungsinya

Pengertian Browser dan pungsinya Pengertian browser secara sederhana adalah sebuah perangkat lunak yang manfaatnya adalah untuk menampilkan berbagai dokumen yang tersedia pada web server, proses
menampilkan berbagai dokumen ini melewati sebuah interaksi antara browser dengan web server. Untuk lebih jelasnya mengenai pengertian browser, mungkin akan terjawab dengan studi kasus secara langsung tentang browser yang sudah umum kita gunakan.

Berikut beberapa pengertian browser menurut beberapa ahli:
ALT

1. Ali Zaki mengartikan browser sebagai sebuah program yang digunakan untuk mengakses website dan dijalankan pada komputer.

2. Smitdev Community mengartikan browser sebagai klien yang merupakan lawan kata dari server dan bertugas untuk menampilkan halaman website.

3. Gustav Pahala Frans mengartikan browser sebagai aplikasi/program yang digunakan untuk mengoprasikan internet, sebagai media surfing, browsing, dan menjelajahi dunia maya.

4. Rachmad Hakim S mengartikan browser sebagai aplikasi untuk menjelajahi dan berselancar di internet.

Fungsi dari browser antara lain adalah untuk melakukan atau menampilkan halaman web atau interaksi dengan dokumen yang disediakan oleh server.

Setiap jenis browser memiliki perbedaan, kelebihan serta kekurangan masing masing. Ini disebabkan perbedaan produsen atau perusahaan yang menyediakan browser tersebut.

Berikut ini adalah beberapa macam browser :

1. Chrome

Browser yang disediakan oleh mesin pencari raksasa bernama Google ini adalah salah satu dari sekian banyak browser. Secara umum, chrome ini memiliki kelebihan :
  •  Memiliki teknologi yang canggih, walaupun secara tampilan terkesan minimal dan sederhana.
  • Thumbnails otomatis dari daftar situs yang paling sering di akses. Hal ini memudahkan Anda untuk mengunjungi balik situs favorit Anda.
  •  Kotak alamat URL bisa digunakan sebagai kotak pencarian secara otomatis.
Untuk mendapatkan browser ini, Anda bisa mendownloadnya di https://www.google.com/intl/id/chrome/browser kemudian menginstallkannya di perangkat komputer Anda.

2. Opera

Yang ini berbeda dengan chrome, untuk urusan keunggulan pun memiliki perbedaan, yaitu :
  •  Bisa melakukan penjelajahan data dengan lebih cepat
  •  Memiliki fitur yang komplit serta canggih
  •  Disematkan unsur keamanan penjelajahan
  •  Alur/map serta akses navigasi yang mudah digunakan.
Browser opera ini disediakan untuk perangkat komputer ataupun perangkat mobile.

Untuk mobile, kita pasti sering mendengar kata “opera mini”.

Untuk mendapatkan browser ini, Anda bisa mendownloadnya secara langsung di situs resminya secara langsung www.opera.com tanpa dipungut biaya sama sekali atau gratis.

3. Mozilla firefox
Browser yang satu ini bisa diunduh di  www.mozilla.org

Masih banyak jenis browser lainnya, namun yang paling banyak digunakan adalah kedua browser di atas. Jadi setelah Anda mengetahui tentang pengertian browser, maka browser apa yang akan Anda pilih? cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar