Tips Cara Edit Template Joomla

Tips Cara Edit Template Joomla Pada bagian ini saya ingin menulis sedikit tentang cara edit template joomla  secara singkat saja karena kalau bicara soal edit source code akan membutuhkan waktu yang 
cukup lama. Oke! apa saja syarat agar kita bisa mengedit template joomla itu, lalu apa code apa yang harus kita ketahui dan software / tools yang bisa kita gunakan untuk mengedit joomla template. Syarat / Requirement knowledge to edit template joomla  Mengerti tentang struktur template

Basic template joomla itu dibangun berdasarkan beberapa file seperti : index.php, template Details.xml dan css serta beberapa tamabahan seperti template_thumbnail, images dan favicon. Untuk mengedit template kita harus mengedit bagian-bagian tersebut.

Index.php pada template joomla bisa berfungsi sebagai base pengaturan atau bisa juga disebut dengan layout. Pada file index.php tersebut terdapat source code php yang berisi tentang letak-letak / posisi dari sebuah joomla template.

Index.pgp berhubungan dengan tata letak seperti module posisi, jumlah module posisi, jumlah kolom dan sebagainya. Kita bisa menambah jumlah posisi module pada index.php tersebut.

Template Details.xml (mudahnya bisa dikatakan) berfungsi sebagai penghubung antara template folder dan joomla system karena didalam code TemplateDetails.xml itu terdapat seluruh isi dari template folder yang kita gunakan dan kemudian di eksekusi oleh joomla! sebagai template.

Perhatikan isi TemplateDetails.xml yang mana berisi tentang filename, folder dan file-file yang berhubungan dengan tempalte.

CSS pada template joomla berfungsi sebagai lanjutan dari index.php. Singkatnya adalah jika index.php berfungsi sebagai bangunan dasar template, css berfungsi sebagai pengaturan dari layout template. Apa yang diatur dalam css ? banyak sekali seperti :

Lebar template
Ukuran bidang-bidang module
Pewarnaan
Font
Dan lain sebagainya
Template yang telah jadi dan kita lihat pada web joomla! adalah buah dari pengaturan pada css. Terdapat dua buah kategori css pada joomla! yakni css untuk system dan css untuk template dan kedua file tersebut harus dihubungkan melalui index.php file.

Joomla! memiliki default pengaturan tersendiri pada templatenya. Pengaturan tersebut berupa “class”. Kita bisa melihat pengaturan ini melalui source page. Pada bagian inilah kita dapat merubah penampilan template,Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar