Jeruk Mandarin [ citrus reticulata ] dan Manfaatnya

Jeruk Mandarin [ citrus reticulata ] dan Manfaatnya Manfaat Jeruk Mandarin (Citrus reticulata). Jeruk mandarin bentuknya kecil dengan kulit yang longgar, jadi mudah dikupas. Rasanya manis segar dengan aroma citrus jeruk yang khas. Berasal dari Asia Tenggara dan Filipina,
kini jeruk mandarin sudah dikembangkan di banyak negara di seluruh dunia. Jeruk mandarin mengandung serat, vitamin C, folat, dan vitamin A.

A.Morfologi tumbuhan
Tumbuhan ini merupakan jenis pohon dengan tinggi 2-8 meter. Tangkai daun bersayap sangat sempit sampai boleh dikatakan tidak bersayap, panjang 0,5-1,5 cm. Helaian daun berbentuk bulat telur memanjang, elliptis atau berbentuk lanset dengan ujung tumpul, melekuk ke dalam sedikit, tepinya bergerigi beringgit sangat lemah dengan panjang 3,5-8 cm. Bunganya mempunyai diameter 1,5-2,5 cm, berkelamin dua daun mahkotanya putih. Buahnya berbentuk bola tertekan dengan panjang 5-8 cm, tebal kulitnya 0,2-0,3 cm dan daging buahnya berwarna oranye. Rantingnya tidak berduri dan tangkai daunnya selebar 1-1,5 mm (Van Steenis, 1975).

B. Klasifikasi tumbuhan

Menurut Backer dan Bakhhuizen (1965), Klasifikasi Citrus reticulata dapat dijabarkan sebagai berikut:

Kingdom : Plantae
    Divisi : Magnoliophyta
    Kelas : Magnoliopsida
    Subkelas : Rosidae
    Ordo : Sapindales
    Famili : Rutaceae
    Genus : Citrus
    Spesies : Citrus reticulata

C. Nama tumbuhan
    Nama latin : Citrus reticulata
    Sinonim : Citrus nobilis, C. deliciosa,C.chrysocarpa
    Nama lokal : jeruk keprok, jeruk jepun, jeruk maseh.

D. Kandungan kimia dan manfaat
Kulit jeruk Citrus reticulata mempunyai berbagai macam senyawa diantaranya Tangeraxanthin, Tangeritin, Terpinen-4-ol, Terpineolene, Tetradecanal, Threonine, Thymol, Thymyl- methyl-ether, Tryptophan, Tyrosine, Cis-3-hexenol, Cis-carveol, Citric-acid, Citronellal, Citronellic-acid, Citronellyl-acetate, Cystine, Decanal, Decanoic- acid, Decanol, Nobiletin. Salah satu senyawa dalam kulit jeruk Keprok (Citrus reticulata) yang telah dilakukan penelitian mengenai aktivitas antikankernya adalah tangeritin. Tangeritin dan nobiletin merupakan senyawa methoxyflavone yang mempunyai potensi sebagai agen antikanker. Tangeritin dapat menghambat aktivitas sel kanker pada fase G1 sehingga siklus selnya terhambat. Pan et al.,(2002) melaporkan bahwa polimetoksi flavonoid (tangeretin) yang terdapat pada kulit jeruk, dapat menginduksi G1 arrest dengan adanya peningkatan ekspresi CDK inhibitors seperti p27, p21 pada colon cacer cell line (COLO 205). Nobiletin dapat menghambat kerja COX-2 dengan cara inhibisi pada murine macrophage.

E. Habitat dan Penyebaran

Merupakan tanaman asli melayu tetapi sekarang penyebarannya sangat luas hampir disemua daerah tropis dan subtropics didunia. Temperatur optimal antara 25-30 oC namun ada yang masih dapat tumbuh normal pada 38 oC. Jeruk keprok memerlukan temperatur 20oC. Semua jenis jeruk tidak menyukai tempat yang terlindung dari sinar matahari. Kelembaban optimum untuk pertumbuhan tanaman ini sekitar 70-80% (Rahardi, 1999).

Dibalik kesegaran rasa jeruk mandarin ini tersimpan khasiat yang luar biasa untuk kesehatan kita. Itulah Manfaat Jeruk Mandarin (Citrus reticulata) semoga anda puas mengetahui manfaat jeruk mandarin ini.

Komentar