Rangkaian Skema UPS 600 Watt

Rangkaian Skema UPS 600 Watt Berfungsi untuk memberikan backup tegangan pada saat sumber listrik dari jaringan listrik comersial padam. Rangkaian UPS 600 Watt ini akan mengubah tegangan DC dari accumulator 12 volt mejadi tegangan AC 220 volt pada saat jaringan listrik
komersial padam secara otomatis. Rangkaian UPS 600 Watt ini dapat diberikan beban hingga 600 watt. Tegangan output Rangkaian UPS 600 Watt ini adalah 220 volt AC dengan bentuk gelombang sinus termodifikasi (modified sine wave). Rangkaian UPS 600 Watt ini cukup komplek dan terdiri dari beberapa bagian. Berikut adalah gambar “Rangkaian UPS 600 Watt” dimaksud.
aLT


























Detektor Tegangan AC Komersial Detektor tegangan AC ini berfungsi untuk mendeteksi status jaringan AC komersial, apabila jaringan AC komersial ada maka UPS tidak membangkitkan tegangan AC 220 V untuk beban. Kemudia pada saat jaringan AC komersial padam maka detektor ini akan meberikan perintah pada UPS untuk membangkitkan tegangan AC 220V untuk beban. Bagian detektor ini disusun oleh konfigurasi dioda bride D21 dan optocoupler AOT128G.

Inverter 600 Watt ini berfungsi untuk membangkitkan tegangan AC 220V dari sumber tegangan DC 12 volt. Bagian ini akan memberikan output berupa tegangan AC 220 volt dengan bentuk gelombang sinus termodifikasi (modified sine wave).

Bagian inverter ini dibangun menggunakan komponen utama IC U3 K561NE8 dan jaringan saklar transistor KT315 dan KT815.

Pembangkit Pulsa Inverter Pembangkit pulsa inverter berfungsi untuk menentukan frekeuensi kerja inverter dan menentukan frekeuensi tegangan output AC dari inverter.

Bagian pembangkit pulsa ini dibangun dengan 2 bagian yaitu.

Osciltor kristal T1, rangkaian oscilator ini berfungsi untuk membangkitkan gelombang dengan frekeunsi output 128 KHz yang stabil. Penentu frekuensi rangkaian oscilator digunakan sebuah kristal dengan tujuan untuk mendapatkan frkeuensi output yang stabil dan tepat.

Pembagi frekuensi U1 dan U2, rangkaian pembagi frekuensi ini berfungsi untuk membagi frekuensi output oscilator kristal dengan faktor pembagi 256 sehingga diperoleh pulsa output 500 Hz. Pulsa 500 Hz ini oleh prosessor inveter IC U3 digunakan untuk membangkitkan tegangan output 220 V AC dengan frekuensi kerja 50 Hz dengan bentuk gelombang sinus termodifikasi. Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar