Skema Power Supply 12 Volt 35 Amp

Skema Power Supply 12 Volt 35 Amp rangkaian skema dibawah merupakan salah satu contoh rangkaian power supply dengan output tegangan yang tetap dan kemampuan mensupply arus sebesar 35 ampere. Rangkaian power supply dengan tegangan tetap dan stabil dapat dibuat
dengan memanfaatkan regulator tegangan tetap 3 pin IC LM78xx. Pada rangkaian power supply 12V 35A dibawah menggunakan IC regulator tegangan LM7812 karena rangkaian didesain untuk memberikan output dengan tegangan yang tetap pada 12 volt DC. Untuk mendapatkan kemempuan mensupply arus 35A pada rangkaian power supply ini ditambahkan penguat arus menggunakan transistor PNP TIP2955 yang diparalel 6 unit. Rangkaian lengkap dan daftar komponen power supply 12V 35A dapat dilihat pada gambar rangkaian berikut.
Alt



















Rangkaian Skema Power Supply 12 Volt 35 Ampere diatas disusun dalam berbagai bagian yaitu:
  • Stepdown transformer adalah komponen yang bertugas menurunkan tegangan AC 220V PLN menjadi 24V AC. Komponene yang digunakan sebagai stepdown adalah transformer stepdown dengan sekunder 24V tanpa CT 35A.
  •  Rectifier atau penyearah gelombang pada rangkaian power supply menggunakan dioda bridge 35A. Komponen ini berfungsi untuk mengubah gelombang AC output transformer menjadi gelombang DC.
  • Tapis atau filter menggunakan kapasitor 4700uF/50V yang berfungsi untuk meratakan arus listrik hasil penyearahan gelombang oleh dioda bridge. 
  • Regulator tegangan adalah bagian yang berfungsi mengendalikan tegangan output rangkaian power supply agar stabil pada nilai tertentu. Pada rangkaian ini menggunakan regulator tegangan IC LM7812 untuk mendapatkan tegangan output 12 volt DC. 
  • Penguat arus berfungsi untuk menguatkan kemapuan mengalirkan arus regulator tegangan IC LM7812 (1A) menjadi 35A mengikuti kapasitas mengalirkan arus dari transistor yang digunakan. Power supply ini menggunakan transistor TIP2955 yang diparalel 6 unit dan di set sebagai penguat common base. 
  • Tegangan output berfungsi menampilkan level tegangan output power supply. Komponen yang digunakan adalah volt meter.
Power supply 12V 35A ini dilengkapi dengan sekering (fuse) yang berfungsi sebagai pengaman rangkaian apabila terjadi hubung singkat (korsleting) dari perangkat yang disupply oleh power supply 12V 35A ini. Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar