Skema Power Supply Variable 4 Ampere

Skema Power Supply Variable 4 Ampere Skema Power supply ini menggunakan regulator tegangan dari penguat operasional dan transistor. Tegangan output skema Power Supply Variable 4 Ampere ini dapat diatur dari 1,5 volt hingga 25 volt. Kapasitas arus maksimum
yang mampu diberikan oleh “Skema Power Supply Variable 4 Ampere” ini adalah 4 Ampere. Untuk mengontrol atau mengatur tegangan output Rangkaian Power Supply Variable 4 Ampere ini dpat dilakukan dengan mengatur posisi tuas potensiometer 4,7 KOhm. Rangkaian Power Supply Variable 4 Ampere ini dpaat digunakan untuk memberikan tegangan supply ke peralatan elektronik dengan tegangan input dari 1,5 volt hinga 25 volt. Untuk membuat Rangkaian Power Supply Variable 4 Ampere ini dapat dilihat skema rangkaian dan komponen yang digunakan pada gambar Rangkaian Power Supply Variable 4 Ampere berikut.
Alt













Skema Power Supply Variable 4 Ampere pada gambar diatas dibangun menggunakan regulator tegangan dari Op-Amp IC uA741 dengan kontrol tegangan output ditentukan dari posisi tuas potensiomenter 4,7 KOhm.

Sebagai penguat arus pada Rangkaian Power Supply Variable 4 Ampere ini digunakan transistor power tipe 2N3055 dan BD137 yang dirangkai secara darlington.

Apabila ingin menaikan kemampuan mengalirkan arus pada power supply ini dapat dilakukan dengan mengganti transistor 2N3055 dengan TIP yang lebih besar.

Skema Power Supply Variable 4 Ampere pada gambar diatas terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut. Step down tegangan, yaitu bagian yang berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik AC 220V ke tegangan AC 25 volt.

Komponen yang berfunsi sebgaai step down tegangan adalah transformer tanpa CT dengan tegangan output 25 volt AC. Rectifier, yaitu bagian yang berfungsi untuk mengubah atau menyearahkan tegangan AC menjadi tegangan DC.

Komponen yang digunakan adalah dioda bridge dan kapasitor 10000 uF/40V. Regulator tegangan, bagian ini berfungsi untuk menentukan tegangan output power supply sesuai kebutuhan dan sebagai stabiliser tegangan output.

Bagian ini dibangun oleh konfigurasi regulator tegangan dengan Op-Amp IC UA741 dan beberapa komponen pendukung. Power regulator adalah bagian yang befungsi untuk menguatkan kemampuan mengalirkan arus pada power supply, bagian power regulator ini dibangun dengan transiostor yang dirangkai  dengan transistor BD137 dan 2N3055. Transistor 2N3055 pada Skema Power Supply Variable 4 Ampere diatas harus dilengkapi dengan pendingin (heatsink) yang berfungsi untuk membuang panas yang dihasilkan pada saat bekerja. Cukup sekian semoga bermanfaat


Komentar