Skema remote control universal IC NE555

Skema remote control universal IC NE555 ini dapat digunakan untuk mengendalikan peralatan listrik rumah tangga menggunakan remote control infra merah. Peralatan listrik yang dapat dikendalikan menggunakan rangkaian remote control universal IC NE555
diantara lain lampu, kipas angin, mesin air, blower dan sebagainya. Rangkaian remote control universal ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan proses menghidupkan atau mematikan peralatan tersebut sekaligus untuk mengganti penggunaan saklar konvensional. Remote control yang dapat direspon oleh rangkaian controller ini adalah semua remote control infra merah dengan range frekuensi di kisaran 25 – 60 KHz sesuai dengan receiver infra merah yang digunakan. Pada umumnya semua remote control TV, VCD player maupun remote infra merah yang lain dapat digunakan untuk mengendalikan modul control ini. Untuk membuat rangkaian remote control unicersal IC NE555 ini cukup sederhana dan mudah dibuat dengan komponen yang mudah diperoleh dipasaran. Gambar rangkaian dan komponen yang digunakan untuk membuat rangkaian remote control universal IC NE555 dapat dilihat pada gambar berikut.
ALT












Dari gambar rangkaian diatas terlihat bahwarangkaian remote control universal IC NE555 diatascukup sederhana. Rangkaian remote control universal tersebut dioperasikanmenggunakan sumber tegangan DC +5 volt hingga +12 volt sehingga dapat dioperasikan dengan 1 buah baterai 9 volt. Dengan interface relay makarangkaian remote control universal ini dapat mengendalikan peralatan yang dioperasikan dengan tegangan AC maupun DC. Untuk membuat rangakaian remote control universal IC NE555 dari gambar rangkaian diatas dapat menggunakan layout PCB seperti pada gambar dibawah.
alt
Pada prinsipnya rangkaian remote control universal diatas adalah memanfaatkan cahaya infra merah dari suatu remote control dan diterima oleh receiver infra merah kemudian diolah oleh IC NE555 untuk membangkitkan sebuah pulsa sebagai input IC JK Flip-Flop 74109 yang diset dalam kondisi togle. Pemberian pulsa dari remote control yang pertama akan berfungsi untuk menghidupkan peralatan listrik dan pulsa yang kedua berfungsi untuk mematikan peraltan listrik. Kami harap para hobi elektronik dapat membuat dengan mudah, karena rangkaian remote control universal IC NE555 ini cukup sederhana.

Komentar