Skema Bel Panggilan

Skema Bel Panggilan Rangkaian Bel Panggilan Sederhana dapat digunakan di kantor-kantor untuk memanggil office boy menggunakan sistem interkom yang ada. Office boy dapat dipanggil dari hingga sembilan lokasi di mana garis ekstensi diinstal. Sistem ini terhubung ke ekstensi khusus
untuk office boy. Setiap kali seseorang membutuhkan bantuan office boy, ia dapat memanggil nomor ekstensi office boy melalui interkom dan kemudian menekan tombol untuk menunjukkan nomor lokasinya (misalnya, 5). Jumlah ini akan ditampilkan pada layar tujuh-segmen dan pada saat yang sama bel akan terdengar untuk mengingatkan si office boy. Menekan tombol akan menghapus layar.
Alt

Seluruh rangkaian dapat dibagi menjadi dua bagian: ring cease cum bell timer dan decoder cum display. Ring cease dan bagian bel timer dibangun sekitar optocoupler MCT2E (IC3), NE555 timer (IC4 dan IC5) dan beberapa komponen diskrit. Optocoupler digunakan untuk memicu timer (IC4 dan IC5). Kedua kabel timer dalam modus monostable. Jangka waktu IC4 tetap pada 2-3 detik, sedangkan jangka waktu IC5 dapat diatur dari 3 detik untuk satu menit menggunakan VR1 preset. Jika Anda ingin jangka waktu lebih lama, tinggal meningkatkan nilai kapasitor C6 atau resistor R16.  Di bawah ini bisa Anda pelajari gambar skema Rangkaian Bel Panggilan Sederhana.

Ketika telepon berdering pada seorang office boy itu, internal LED optocoupler IC3 bersinar, memicu timer IC4 dan IC5. Output tinggi IC4 pada pin 3 membuat transistor T1 bekerja, menempatkan resistor R11 di saluran telepon untuk menghentikan deringan. Pada saat yang sama, output tinggi IC5 (pin 3) mengemudikan relay RL1 untuk mengaktifkan bel untuk jangka waktu tertentu.

Jika Anda ingin menggunakan telepon seperti interkom biasa, cukup menghubungkan saklar S2 ke posisi 1. Ini akan menonaktifkan Rangkaian Bel Panggilan Sederhana. Sekarang Anda dapat memanggil nomor ekstensi melalui telepon. Jika Anda ingin menggunakan bel panggilan lagi, hanya mengubah saklar S2 ke posisi 2. cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar