Skema Sederhana Alarm Mobil

Skema Sederhana Alarm Mobil Rangkaian Alarm Mobil memang bukanlah merupakan barang yang baru dalam dunia elektronika. Bahkan biasanya untuk tingkat pemula yang gemar elektronika dalam praktek awalnya selalu dianjurkan untuk membuat rangkaian
yang seperti ini. Demikian pula di dalam buku elektronika yang telah banyak beredar sudah banyak sekali bentuk-bentuk dari rangkaian semacam ini. Dengan begitu satu dan lainnya mempunyai kapasitas dan kualitas yang berbeda pula. Kami akan menyajikan kembali sebuah rangkaian alarm mobil yang tentu saja banyak dipergunakan di dalam mobil polisi atau ambulance. Mobil polisi yang menggunakan rangkaian alarm seperti ini bukan cuma polisi di negara kita saja, tetapi polisi Amerika pun memakai rangkaian alarm ini.

Rangkaian Alarm Mobil ini bentuknya sederhana dengan komponen yang mudah sekali didapat di pasaran, selain itu harganya pun murah. Setiap bentuk rangkaian alarm antara satu dengan lainnya berbeda-beda walaupun tujuan utamanya sama. Namun biarpun alarm ini didesain atau dirancang untuk keperluan mobil, tetapi bukan berarti tidak dapat dipergunakan untuk keperluan lainnya. Perangkat ini juga dapat kita terapkan untuk keperluan tertentu. Misalnya saja kita pasang di pabrik sebagai tanda masuk kerja, jam istirahat dan tanda jam pulang. Begitu pula penerapannya di sekolah. Alarm ini bisa dikatakan sebagai alat serba guna yang bisa dipakai untuk berbagai keperluan.

Bila Anda tertarik dan ingin membuat sendiri Rangkaian Alarm Mobil ini terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan komponen-komponennya.  
Berikut ini adalah daftar komponen yang diperlukan :
R1 = 56K/ 1/4 Watt
Alt
Skema Sederhana Alarm Mobil
R2 = 68K/ 1/4 Watt
R3 = 27K/ 1/4 Watt
R4, R6 = 4,7K
R5, R7 = 10K
C1 = 0,02 uF
C2 = 50uF/12V
C3, C4 == 500uF
T1 = AC127
T2 = AD149/2SB429
T3, T4 = OC71
LS = Speaker 8 Ohm
S1 = Saklar
B = Baterei 9-12 Volt
Cukup sekian cara membuat Alarn mobil yang sangat sederhana ini semoga bermanfaat buat anda.

Komentar