Keypad Dengan 8 To 3 Line Priority Encoder 74148

Keypad Dengan 8 To 3 Line Priority Encoder 74148 Keypad dapat dibuat dengan beberapa metode, salah satunya menggunakan sebuah encoder. Encoder sendiri berfungsi untuk mengkodekan jalur input atau terminal menjadi data dalam format Bilangan biner.
Encoder yang digunakan untuk membuat keypad ini adalah priority encoder IC 74148. IC 74148 merupakan chip IC 8 line to 3 line priority encoder dengan 8 jalur input dan 3 bit jalur output. Setiap tombol pada keypad ini telah dikodekan menggunakan encoder IC 74148 menajdi data output 3 bit BCD. Rangkaian keypad menggunakan encoder ini lebih mudah diaplikasikan pada rangkaian digital TTL maupun rangkaian mikrokontroler. Berikut adalah gambar rangkaian keypad menggunakan encoder yang dimaksud. 
Rangkaian Keypad Dengan 8 To 3 Line Priority Encoder 74148
ALT
Rangkaian keypad pada gambar diatas adalah keypad dengan 7 tombol input dan 3 bit output dalam format BCD.  Setiap penekanan tombol pada keypad diatas akan memberikan output dat biner dengan format 3 bit BCD. Encoder 74148 pada rangkaian keypad diatas telah mengkodekan ke 7 tombol keypad diatas menjadi 3 bit data BCD seperti pada tabel berikut.
Tabel Tombol Input Keypad Dan Output Encoder
ALT
Encoder IC 74148 merupakan priority encoder dengan karakter aktif LOW untuk jalur input maupun data outputnya sehingga untuk mengaktifkan jalur input encoder maka tombol S1 – S7 pada rangkaian keypad diatas terhubung ke ground pada saat tombol S1 – S7 ditekan. Untuk menjaga agar pada saat tidak ada tombol ditekan jalur input encoder 74148 pasti berlogika HIGH maka dipasang resistor pull-up pada setiap jalur input encoder tersebut dan juga diasang kapasitor yang terhubung ke ground pada setiap jalur input encoder 74148 agar tidak terjadi percikan pada saat tombol S1 – S7 ditekan.

Komentar