Cara memilih timah solder yang baik

Cara memilih timah solder yang baik  Timah solder atau lebih sering dikenal dengan nama tinol adalah sebuah bahan atau perlengkapan alias makanan sehari-hari dalam servis elektronika terutama servis tv. Menggunakan timah solder hendaknya dipilih yang memiliki kualitas baik
, hal ini agar dihasilkan kualitas solderan yang bagus juga. Cara memilih timah yang baik adalah dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

1. Tinol yang baik biasanya memiliki harga yang lebih sedikit mahal bila dibandingkan dengan jenis tinol yang biasa, hal ini dikarenakan jenis timah ini menggunakan bahan campuran borax atau semacam pasta yang berguna untuk mempermudah agar timah dapat menempel baik pada papan circuit dan kaki komponen.

2. Bila dilelehkan dengan solder biasanya akan mudah meleleh karena memang pengaruh dari bahan yang digunakan.

3. Bila sedang menyolder, biasanya asapnya tidak pedih dimata dan juga tidak bau, atau malah terkadang juga ada yang bau wangi itu juga lumayan bagus.

4.  Timah jenis ini biasanya lentur alias tidak kaku.

5. Hasil solderan biasanya bersih dan mengkilap.

6. Solderan akan awet dan tidak mudah retak dalam waktu lama.

7. Hasil soldedran tidak mengandung lubang atau gelembung, jadi rapat hasilnya.

Dipasaran sebetulnya ada berbagai jenis timah, mulai dari timah cair, timah mikro, timah sedang dan timah besar. namun yang biasa digunakan untuk servis elektronik atau televisi adalah jenis timah ukuran sedang. ukuran diameternya biasanya antara 0,3-0,5mm.

Untuk bisa memilih jenis kualitas timah yang baik dipasaran hendaknya ditanyakan langsung ke pihak penjual, dan hendaknya diuji ,hal ini karena di pasaran banyak sekali merek timah yang beredar dan kebanyakan mengclaim kualitas bagus. cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar