Cara membuat bumbu oles ikan bakar

Cara membuat bumbu oles ikan bakar kan bakar, siapa yang tidak mengenal kuliner nikmat nan bergizi ini? Hampir semua rumah makan pun restoran kelas atas memasukkan ikan bakar aneka rasa dalam daftar
menu mereka. Ikan bakar memang primadona. Wajar jika banyak lidah yang jatuh cinta pada rasanya yang khas. Salah satu 
ALT

rahasia kekhasan ikan bakar terletak pada jenis bumbu yang digunakan. Pilihan bumbu yang tepat akan semakin menambah cita rasa ikan itu sendiri. Khusus untuk ikan bakar, bumbu oles lah yang memegang peranan yang penting. Sebab bumbu inilah yang akan meresap masuk dan menyatu dengan daging ikan saat proses pembakaran. Jika Anda ingin mahir memasak ikan bakar nikmat, harus pandai juga membuat bumbu oles ikan bakar. Berikut kami sajikan bumbu oles dasar yang wajib Anda coba.                                                                                                                                       

Jenis-jenis Bumbu Oles 
Meski tidak ada pembagian secara baku, namun pada prakteknya dikenal ada dua jenis bumbu oles ikan bakar. Pertama adalah bumbu oles ikan bakar yang diugunakan saat permulaan proses pembakaran hingga daging ikan mulai matang. Kedua, adalah bumbu oles yang dipakai saat daging ikan telah matang. Bumbu oles yang pertama tujuannya untuk menghindarkan ikan dari rasa pahit yang melekat pada saat pembakaran. Sementara itu bumbu oles yang kedua ditujukan untuk membuat rasa ikan bakar lebih nikmat. Berikut kami sajikan resepnya. 

Mari Membuat Bumbu Oles Ikan Bakar 

Untuk membuat bumbu oles yang pertama, bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana antara lain: 
  1. Kecap manis sebanyak 4 sdm.
  2. Minyak sayur kurang lebih 2 sdm.
  3. Margarin yang telah diacairkan sebanyak 2 sendok makan

Cara menggunakan bumbu ini sangat mudah, setelah ikan bakar telah dibersihkan dan siap dibakar, terlebih dahulu olesilah dengan bumbu yang merupakan hasil campuran semua bahan di atas. Bolak balik ikan agar bumbu bisa bekerja lebih optimal. Saat daging ikan mulai matang, barulah Anda mengolesi bumbu oles ikan bakar yang selanjutnya. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan sebagai berikut: 

3 sendok makan ketumbar.
5 siung bawang putih.
4 biji bawang merah.
4 biji cabai merah.
5 butir kemiri.
3 biji asam jawa.
5 cm lengkuas.
1 sdt garam halus

Cara meracik bumbu oles ikan bakar ini sangat mudah. Langkah pertama, haluskan semua bahan bumbu dan kemudian tumislah hingga baunya harum. Selanjutnya, tambahkan air kira-kira 75 mililiter. Tunggulah hingga bumbu mendidih dan angkat. Bumbu siap digunakan sebagai olesan ikan bakar Anda. Sebenarnya, untuk kombinasi rasa yang variatif, Anda bebas mengurangi ataupun menambahkan komponen bumbu yang ada. Sesuaikan dengan selera Anda. Selamat mencoba nya! 

Komentar