Resep Ikan Bakar Madu

Resep Ikan Bakar Madu Penyajian ikan dengan cara dibakar selalu menjadi primadona para pecinta kuliner. Andakah salah satunya? Pada prinsipnya ada beragam jenis sajian ikan bakar. Biasanya pembedaannya
didasarkan pada jenis ikan dan juga jenis bumbu yang digunakan, baik itu sebagai bumbu pelengkap atau olesan. Jika Anda benar-benar pecinta ikan bakar, pasti sudah familiar dengan ikan bakar kecap, ikan bakar terasi, ikan bakar sambal bawang dan lainnya. Bagaimana dengan ikan bakar madu? Menu yang satu ini memang unik sebab menggabungkan manisnya madu dengan gurih dan lembutnya daging ikan. Sajian unik ini bisa dijumpai di beberapa restoran dengan harga yang bervariasi. Jika Anda senang bereksperimen di dapur, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencoba resep ikan bakar madu yang kami sajikan berikut ini.

Siapkan Bahan-bahan 

Untuk membuat ikan bakar madu, daftar bahan-bahan yang harus Anda siapkan antara lain: 
  1. Ikan sebanyak 2 kilogram. Bisa jenis nila, kakap, gurame atau juga jenis lainnya sesuai selera Anda. Pilihlah yang ukurannya sedang.
  2. Jeruk nipis secukupnya, untuk menghilangkan bau amis ikan.
    alt
  3. Kecap manis secukupnya.
  4. Mentega secukupnya.
  5. Sementara itu, bumbu untuk ikan bakar madu antara lain: 
  6. Madu asli sebanyak 6 sendok makan.
  7. Bawang merah sebanyak 10 siung.
  8. Bawang putih sebanyak 8 siung.
  9. Ketmbar sebanyak 2 sendok teh.
  10. Merica bubuk sebanyak 2 sendok teh.
  11. Daun jeruk sebanyak 6 helai.
  12. Garam secukupnya.
  13. Lengkuas sebanyak 4 ruas.
  14. Kemiri sebanyak 4 biji.

Mari Membuat Ikan Bakar Madu 

Setelah semua bahan untuk membuat ikan bakar madu tersedia, saatnya memulai proses pembuatan. Adapun langkah demi langkahnya sebagai berikut; 
  1. Haluskanlah bumbu halus ikan bakar madu yaitu bawang merah dan putih, ketumbar, kemiri, lengkuas, dan juga daun jeruk. Kemudian tambahkan dengan meirca bubuk dan juga garam.
  2. Bumbu yang halus tersebut kemudian dicampur dengan madu dan juga minyak.
  3. Panaskan mentega di wajan dan selanjutnya, tumislah bumbu halaus dengan api sedang sampai wangi. Jangan lupa masukkan kecap manis sesuai selera Anda. Angkat.
  4. Selanjutnya, lumuri ikan dengan jeruk nipis dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, lumuri kembali dengan bumbu yang telah ditumis tadi. Diamkan kurang lebih 30 menit.
  5. Panaskan tungku untuk membakar ikan. Setelah ikan dioles, baarlah sambil sesekali dibalik agar matangnya merata. Sambil dibolak balik, jangan lupa terus mengoleskan bumbu pada ikan.

Setelah matang, ikan bakar madu siap disajikan dan disantap dengan nasi putih hangat. Mudah bukan? Selamat mencoba ya!

DMCA.com Protection Status

Tidak ada komentar:

Posting Komentar