Resep Praktis Ikan Nila Bakar

Salah satu jenis ikan yang mudah dijumpai adalah ikan nila. Untuk mendapatkan ikan yang satu ini juga tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam. Istimewanya, ikan bergizi ini juga sangat nikmat diolah dalam
berbagai cara Sebagai rekomendasi terbaik, cobalah meracik ikan nila dengan cara dibakar. Rasanya yang gurih akan membuat Anda dan keluarga jatuh cinta. Tertarik mencoba? Berikut kami sajikan resep sederhana ikan nila bakar yang praktis Anda coba di rumah. Selamat menyimak.

Siapkan Bahan-bahan! 

Untuk membuat ikan nila bakar, bahan-bahan yang Anda butuhkan antara lain: 
  1. Ikan nila dengan berat 1 kilogram. Bersihkan sisik dan juga organ dalamnya kemudian belah lebar pada bagian perut.
  2. Kecap manis sebanyak 4 sendok makan.
    ALT
  3. Kecap ikan sebanyak ½ sendok makan.
  4. Kecap asin sebanyak 1 sendok makan.
  5. Minyak wijen sebanyak ¼ sendok teh.

Sementara itu, bahan-bahan yang diperlukan dalam meracik bumbu halus untuk ikan nila bakar antara lain: 
  1. Bawang putih sebanyak 3 siung.
  2. Ketumbar sebanyak 1 sendok makan.
  3. Garam sebanyak 1 sendok makan.
  4. Kunyit sebanyak 3 cm.

Agar lebih nikmat, siapkan pula beberapa item bahan pelengkap, yakni: 
Sambal tomat.
Lalapan: mentimun, daun kemangi, daun selada dan lain-lain. Sesuaikan dengan selera Anda.
Mari Membuat Ikan Bakar Nila 

Setelah semua bahan-bahan yang diperlukan siap, saatnya kita memulai proses pembuatan ikan bakar nila. Adapun langkah demi langkahnya, sebagai berikut: 
Pertama, rendamlah ikan nila yang telah dibersihkan tadi dengan bumbu halus. Diamkan di dalam wadah selama kurang lebih 30 menit atau sampai Anda menganggap bumbu telah resap ke dalam daging ikan nila.
Selanjutnya, panaskan minyak di wajan dan goreng ikan nila yang telah direndam bumbu halus tadi. Pastikan apinya kecil. Dan ingat, jangan sampai matang betul. Cukup goreng setengah matang selama kurang lebih 2 menit saja. Selanjtunya angkat dan sisihkan.
Dalam satu wadah, campurkan ikan dengan kecap manis dan juga kecap asin. Setelahnya, masukkan juga minyak wijen beserta dengan kecap ikan. Diamkan selama 5 menit.
Langkah berikutnya adalah menyiapkan tungku untuk pembakaran. Setelah suhunya dirasa cukup, bakarlah ikan nila yang telah dilumuri kecap dan minyak wijen tadi. Bakar sejenak hingga didapatkan aroma khas ikan bakar. Angkat dan sajikan bersama dengan bahan pelengkap.

Demikian cara membuat ikan nila bakar. Cukup praktis dan mudah dipraktekkan. Ikan bakar nila ini nikmat disantap dalam keadaan hangat dengan nasi putih nikmat tentu bersama dengan keluarga Anda. Selamat mencoba nya! 

Komentar