Fix Resistor | Resistor Tetap

Resistor tetap (Fix Resistor) adalah resistor yang nilai hambatannya tidak dapat diatur (tetap), sedangkan resistor variabel adalah resistor yang nilai resistansinya dapat diatur.  Dari kedua jenis resistor ini memiliki beberapa varian lagi yang
disesuaikandengan tujuan atau fungsi penggunaannya.
Resistor Tetap (Fix Resistor)
Resistor tetap merupakan jenis resistor dengan nilai resistansi tetap. Resistor tetap banyak digunakan pada rangkaian elektronika dan berfungsi sebagai pembatas arus dan pembagi tegangan. Resistor tetap ini memiliki beberapa ukuran atau batas maksimum daya yang bisa dilewatkan. Berdasarkan batas kemampuan melewatkan daya tersebut resistor tetap dibagi dalam beberapa ukuran kapasitas daya sebagai berikut.
Ukuran Daya Resistor Tetap (Fix Resistor)
Ukuran Daya Resistor Tetap (Fix Resistor)
1 . 1/16 Watt6 . 2 Watt
2 . 1/8 Watt7 . 3 Watt
3 . 1/4 Watt8 . 5 Watt
4 . 1/2 Watt9 . 10 Watt
5 . 1 Watt10 . 20 Watt
Aplikasi resistor tetap  dengan daya dibawah 1/2 watt dapat kita temuai pada rangkaian pemroses sinyal audio dan digital. Penggunaan resistor daya rendah dalam rangkaian tersebut bertujuan sebagai bentuk efisiensi tempat dan biaya. Resistor tetap dengan daya 5 – 20 watt dapat kita temui pada power amplifier OCL.Kemudian untuk resistor tetap dengan daya diatas 10 watt dapat kita temui pada bagian power supply tipe switching powers supply pada televisi.

Jenis Resistor Tetap (Fix Resistor) Berdasarkan Material Bahan
ALT
Wirewound Resistor
Selain berdasarkan ukuran daya resistor tetap (fix resistor) dibuat dengan beberapa jenis bahan.
  • Metal Film Resistor
  • Metal Oxide Resistor
  • Carbon Film Resistor
  • Wirewound Resistor

Bahan material pembuat resistor tersebut menentukan kualitas dan pengguanaannya dalam rangkaian atau sistem elektronika. Berdasarkan bahan material resistor tetap diatas, resistor yang dibuat dengan bahan metal film memiliki kualitas yang paling baik dan akurat nilai resistansinya. Resistor metal film memiliki toleransi kesalahan yang kecil 1%. Kemasn resistor metal film mirip dengan resistor carbon, di pasaran dapat kita jumpairesistor metal film dengan 5 cincin warna dan kebanyakan berwarna biru bodi resistor metal film tersebut.


Aplikasi atau penggunaan resistor tetap dengan bahan meterial khusus tersebut bertujuan untuk memperolehkualitas atau toleransi kesalahan terkecil, misalnya pada alat ukur elektronik selalu menggunakan resistor metal film pada bagian skala ukurnya.
Jenis Resistor Tetap Berdasarkan Aplikasi Penggunaanya
ALT
SMD Resistor
  • Zero Ohm Jumper Wire
  • S I P Resistor Network
  • SMD Resistor
  • Ceramic Encased Wirewound Resistor
  • Economy Wirewound Resistor

Dari jenis resistor diatas yang paling umum untuk dijumpai adalah jenis SMD resistor dan SIP resistor network yang dapat kita jumpai pada sistem digital seperti komputer. Kemudian jenis Zero Ohm Jumper wire yang dapat kita jumpai pada perangkat power supply daya tinggi seperti power supply komputer server atau inverter.

Nilai Resistor Tetap
Nilai resistor tetap ditulis dalam 2 model penulisan, yaitu menggunakan kode warna resistor dan menggunakan kode text secara langsung pada bodi resistor tetap tersebut. Resistor tetap dengan penulisan nilai resistansi menggunakan kode warna dapat kita temui pada resistor dengan kapasitas daya dibawah 5 watt, sedangkan untuk resistor dengan nilai 5 watt keatas pada umumnya nilai resistansi resistor tetap tersebut ditulis dengan kode text.

Selain nilai resistansi resistor tetap juga memiliki nilai faktor kesalahan dari 10%, 5%, 2% dan 1%. Nilai faktor kesalahan pada resistor tetap ini menunjukan kondisi resistor tersebut masih dalam kondisi baik. Apabila nilai resistor tetap benilai pada range dalam batas toleransinya maka resistor tetap tersebut dalam kondisi baik. Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar