Cara Seting CCTV Online Bisa Dilihat Lewat Android

Cara Seting CCTV Online Bisa Dilihat Lewat Android Melengkapi postingan Cara Melihat CCTV Online Via Android maka perlu juga bagi yang ingin mencari cara setting kamera CCTV dengan DVR/ alat perekam CCTV yang bisa dilihat dengan hp.
Untuk singkatnya apabila kamera CCTV yang sudah dipasang sesuai posisi keinginan seperti di lokasi tempat parkir, CCTV di pasang di ruang kasir dll dengan benar. Yang dimaksud dengan pemasangan atau instalasi pemasangan CCTV yang benar adalah bila hasil pantauan kamera CCTV yang terletak pada titik – titik pemasangan telah berhasil ditampilkan pada layar monitor melalui DVR. Selanjutnya cara setting CCTV online dilihat android
ALT

Langkah selanjutnya tinggal melakukan setting DVR, setting port forwarding pada modem speedy serta mempersiapkan nama domain, urutan ketika memasang CCTV online setelah pemasangan instalasi kamera selesai :
1. Mendaftar domain name terlebih dahulu, misalnya : dyn.com, no-ip.com, dll
2. Setting port modem speedy
3. Setting DVR

Pertama,
Domain name digunakan untuk mengakses tampilan kamera baik pada layar monitor PC/ laptop via Web browser Mozilla, Web browser Internet Explorer, dan untuk mengisi data address pada Device Info di aplikasi CCTV Viewer android ( misalnya: ASee, ASee+ ). Untuk pemilihan domain name terserah mana yang terbaik menurut anda ( misal : cctv-tokomaju.dyndns.org ), sedangkan pemilihan DDNS service nya bisa yang gratis atau berbayar (misal : dyn.com, no-ip.com, dll). Domain name tersebut nantinya diisikan pada settingan Modem ( login Modem 192.168.1.1 Access Management—-DDNS. Isikan My Host Name : domain name, Email : ……, Username :…., Password : ……..). Pengisian data tersebut juga dilakukan pada settingan DVR ( Menu —Network —–DDNS ).

Kedua,
Cara setting port forwarding pada modem speedy sudah banyak yang membahasnya, maka singkat cerita, port yang penting anda tentukan ( misalnya Port 80 dan Local IP Adress 192.168.1.100 ) nantinya digunakan untuk mengisi settingan Network pada DVR & settingan aplikasi mobile viewer pada HP ( misalnya: ASee, ASee+ ).

Ketiga
Penyetingan DVR bisa menyesuaikan dengan langkah yang telah anda buat seperti diatas yang penting adalah isikan data : ( misalnya mengambil data diatas ; Local IP Address : 192.168.1.100 , Port : 80 , dan pada settingan Network —-DDNS seperti langkah Pertama mengisi Hostname, username, dst. Kemudian Edit Account dan password yang digunakan untuk login melihat hasil kamera cctv dari smartphone ataupun PC & Laptop. Yang terakhir pengisian data DNS Sever, yang mana data dapat anda lihat dengan login ke modem ( Login Modem — Status ) pada WAN ada table kemudian lihat deretan kolom PVC yang active DNS Server.

Apabila telah selasai maka anda bisa coba cek koneksi antara DVR dengan PC/ Laptop via kabel LAN PC/ Laptop yang dihubungkan dengan Hub. Pengecekan dapat dilakukan dengan 2 cara ;

Ketik 192.168.1.100 di Web browser Mozilla, koneksi berhasil bila pada layar monitor tampil “Network video client” kemudian login maka akan tampil gambar dari kamera CCTV.
Bila menggunakan windows 7 klik start—ketik cmd pada (search programs and files) maka muncul layar hitam kemudian ketik : ping 192.168.1.100 —–Enter. Bila sukses berarti koneksi lancar.

Sedangkan untuk mengetahui apakah CCTV bisa dilihat via internet maka dapat dilakukan seperti pengecekan koneksi local diatas, akan tetapi menggunakan IP address anda. Untuk mengetahui IP Address ketik : http://www.whatismyip.com/ Maka IP address anda akan terlihat, misalnya : Your IP Address Is : 123.123.23.33.

  • Ketik 123.123.23.33:80 di Web browser Mozilla, koneksi berhasil bila pada layar monitor tampil “Network video client” kemudian login maka akan tampil gambar dari kamera CCTV.
  • Bila menggunakan windows 7 klik start—ketik cmd pada (search programs and files) maka muncul layar hitam kemudian ketik : ping 123.123.23.33 —–Enter. Bila sukses berarti koneksi lancar.
  • Bila menggunakan windows 7 klik start—ketik cmd pada (search programs and files) maka muncul layar hitam kemudian ketik : ping cctv-tokomaju.dyndns.org —–Enter. Bila sukses berarti koneksi dan DDNS berfungsi.
  • Bilamana penyetingan camera CCTV online sudah bisa diakses via internet maka bisa juga dilihat via handphone, sedangkan cara menyeting aplikasi CCTV online di hp.
Apabila tampilan kamera CCTV tidak muncul dilayar monitor maka coba cek ulang barangkali ada kesalahan pengisian data. Yang menjadi masalah bila CCTV online telah berhasil diakses lewat internet akan tetapi sehari atau dihari kedua kemudian gagal diakses baik via laptop, PC, android, iphone dan blackberry barangkali DNS tidak bekerja semestinya atau ada kesalahan penyetingan,Cukup sekian semoga bermanfaat buat anda.

Komentar