Rangkaian Elektronika Sensor

Rangkaian Elektronika Sensor adalah jenis dari rangkaian tranduser yang penggunaannya sebagai pengubah besaran pada sinar / cahaya, mekanis, panas, magnetis, atau kimia; menjadi sebuah arus listrik dan tegangan. Sensor
pada umumnya sering dipakai untuk mendeteksi sesuatu disaat kita melakukan pendalian ataupun pengukuran.

Jenis-jenis rangkaian sensor dalam prakteknya dilapangan pada umumnya adalah berupa sensor tekanan, sensor suhu, dan sensor cahaya. Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, sensor-sensor tersebut dibuat dengan ukuran yang sangat kecil menggunakan orde nanometer. Selain keunggulan dari segi ukuran yang kecil, dengan sensor sekarang sangatlh mudah pemakaiannya dan hemat energi pula.
ALT
Rangkaian Elektronika Sensor Cahaya
Sensor cahaya pada rangkaian disebut dengan fotovoltaic, yaitu alat sensor sinar untuk mengubah seubah energi cahaya / sinar langusng menjadi sebuah energi listrik. Rangkaian sensor cahaya modern sekarang ini dibentuk berdasar sambungan PN serta lapisan P transparan. Cara kerjanya adalah apabila ada sinar pada lapisan P akan mengakibatkan pergerakan elektron diantara bagian N dan P, dengan demikian akan dihasilkan tegangan DC kecil yaitu kira-kira 0,5 volt / sel pd sinar matahari yang penuh.

Rangkaian Elektronika Sensor Suhu
Sensor suhu dibagi menjadi empat jenis utama yang umumnya dipakai, yaitu:
Thermocouple, adalah sepasang peng-hantar berbeda yang disambung dan dilebur bersamaan 1 sisi mem-bentuk sambungan peng-ukuran yg ada ujung bebasnya tuk koneksi dgn sambungan refensi.
Detektor Suhu Tekanan, konsepnya berupa tahanan listrik dr logam yg ber-variasi sebanding dgn suhu. Variasi tersebut dimaksudkan tuk presisi & dpt diulang lg shg memungkinkan mengukur suhu. Bahan yg digunakan dlm rangkaian sensor jenis ini adalah reproduksi, stabilitas, dan linear.
Thermistor, merupakan resistor yg peka thdp panas yg biasa-nya memiliki koefisien suhu minus, krn suhu naik tahanan akan turun seta sebaliknya.
Sensor Suhu Rankaian Tepadu, yang digunakan adalah IC Chip silikon tuk elemen yg melakukan / merasakan / sensor. Rangkaian sensor jenis ini mempunyai configurasi output tegangan serta arus.  Walaupun ada batasannya, namun bisa memberikan output yg sangat linear diatas rentang kerjanya

Rangkaian Sensor Tekanan
Prinsip kerja dari sensor tekanan ini adalah dengan mengubah tegangan dari mekanis menjadi sebuah signal listrik.  Kurangnya tegangan didasarkan pd prinsip kerja bila pengantar beubah panjang serta luas penampang.Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar