Tips Cara Memperbaiki Pompa Air

Tips Cara Memperbaiki Pompa Air Pada musim kemarau biasanya sering kali pompa air atau sanyo mati (tidak bisa mengeluarkan air) kemungkinan anda akan panik melihat hal-hal tersebut. pada kesempatan kali ini saya akan berbagi
tips cara memperbaiki pompa air sebenarnya ini bukan lagi tips namun bagaimana caranya service pompa air sendiri tanpa harus memanggil tukang service. beberapa cara mungkin sudah anda lakukan untuk service pompa air anda namun sebelumnya perhatikan dulu beberapa penyebab pompa air mati, baik dari mesinnya atau bahkan dari sumber air. kemungkinan besar karena kedua sebab ini. berikut ini salah satu penyebab pompa air mati.
ALT

Sebelum saya membahas dari awal alangkah baiknya kita mengenal pompa air. sebenarnya fungsi pompa air adalah pengganti dari pompa air manual. hampir semua rumah tangga mempunyai alat ini. karena dengan alat ini kita dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan air bersih yang langsung di ambil dari mata air lewat pengeboran.

Hal pertama tidak nyalanya pompa air adalah tidak ada aliran listrik masuk pada motor listrik untuk itu hal yang pertama anda lakukan adalah
Cek kabel listrik dari saluran Pompa ke saluran listrik. biasanya ada kabel yang kemungkinan putus untuk cara mengeceknya anda bisa menggunakan test pen atau menggunakan avo meter, alat ini sangat bermanfaat sekali untuk melihat aliran listrik.
Untuk yang kedua biasanya kerusakan pada spul atau kumparan (lilitan tembaga) pada motor listrik bisa karena memang putus, terbakar-nya motor listrik, terjadi arus pendek atau sebab yang lain. tapi pada umumnya adalah putus, untuk cara ini kemungkinan besar anda tidak bisa service sendiri namun kalau anda ahli elektro anda bisa cek dari kumparan spul ini dengan cara melepas semua atau mengganti dengan spul baru. 
Kalau pompa bisa nyala namun bersuara dengung dan air tidak mau keluar, ini hal lain lagi kemungkinan besar memang ada kerusakan pada spul listrik. untuk hal ini sebaiknya panggil service pompa.
Pompa Air Nyala Namun Tidak Mengeluarkan Air

Untuk hal ini biasanya kerusakan pada pipa sambungan air dari sumber air, nah bagaimana cara mengetahui bahwa pipa sambungan anda yang bocor? berikut ini cara cek pipa sanyo bocor:
Silahkan buka pada tutup pancingan pada pompa air, dan pastikan apakah air masih penuh atau air berkurang. 
Jika air masih penuh kemungkinan besar ada kesalahan pada sanyo, kesalahan ini kemungkinan karena klep sanyo yang sudah aus yang berada di leher hisap, anda bisa membuka leher hisap ini untuk memastikan bahwa klep dalam keadaan.
untuk cara berikutnya dengan cek kondisi klep bawah atau klep yang berada di sumber air, namun sebelum ada memastikan karena klep ini ada dua yaitu klep yang berada di bawah dan ada klep di tengah, untuk itu pastikan bahwa klep anda di bawah atau di tengah. cara cek klep bongkar atau potong pipa kemudian lihat apakah klep masih bekerja baik atau tidak, kalau memang kurang baik sebaiknya anda ganti dengan yang baru.
Itulah cara cek pompa air baik karena memang motor listrik pada pompa air mati atau karena tidak bisa mengeluarkan air, saya ingin menambahkan bahwa semua yang di atas bisa anda lakukan sendiri sebelum anda memanggil tukang service.
Cara Merawat Pompa Air

1. Lakukan pengecekan pada sambungan kabel listrik sedikitnya sebulan sekali, hal ini untuk memastikan bahwa kondisi kabel listrik dalam keadaan baik.
2. Membersihkan Pompa air maksimal 2 sampai 3 bulan sekali, untuk membersihkan anda tidak harus membongkar pompa air, cukup anda bersihkan bagian luar dan kondisi pipa air ke saluran kran.
3. Untuk menjaga sumber air tetap bersih tutuplah sumber air, langkah ini juga untuk mengantisipasi adanya sampah yang masuk atau bahkan tanah yang biasanya terjadi pada musim hujan, untuk hal ini jika anda menggunakan pipa setidaknya tinggi pipa di potong 30 cm dari permukaan tanah

Itulah cara memperbaiki pompa air dan cara merawat pompa air, kalau anda belum cukup jelas apa yang saya jelaskan di atas anda bisa berkomentar di bawah, kita akan diskusi tentang masalah ini. karena yang saya tulis merupakan pengalaman , kemungkinan anda juga punya pengalaman yang berbeda dengan saya. semoga artikel yang saya tulis bermanfaat. 

Komentar