Skema Balance Mikrofon Amplifier

Skema Balance Mikrofon Amplifier untuk mikrofon preamplifier stereo dengan input seimbang dan power supply phantom. Inti dari Rangkaian Balance Mikrofon Amplifier ini adalah khusus Analog Devices IC, SSM2017. Sayangnya,
IC ini telah hilang di pasaran. Sebagai gantinya, direkomendasikan menggunakan AMP02 yang kompatibel dengan komponen tersebut. Spesifikasi dari opamp ini membuatnya jauh lebih cocok untuk digunakan sebagai penguat mikrofon. Sebaliknya, Texas Instruments menawarkan instrumentasi amplifier terintegrasi (tipe 1NA217) yang memiliki spesifikasi yang lebih baik untuk tujuan ini. Kebetulan, IC ini juga direkomendasikan sebagai pengganti SSM2017 tersebut. Fitur umpan balik arus internal ini menjamin distorsi rendah (THD + Kebisingan adalah 0,004% dengan gain sebesar 100), gangguan masukan-tahap rendah (1,3 nV / √ Hz) dan bandwidth yang lebar (800 kHz pada gain sebesar 100). Kisaran pasokan tegangan ± 4,5 V – ± 18 V. Konsumsi arus maksimum dari 1NA217 adalah ± 12 mA.


Gain tersebut ditentukan oleh hanya satu resistensi, yang merupakan perlawanan antara pin 1 dan 8 dari IC. Rangkaian Balance Mikrofon Amplifier adalah rangkaian aplikasi standar untuk instrumentasi amplifier ini. R1 dan R2 menyediakan pasokan phantom terpisah untuk mikrofon yang terhubung ke amplifier (ini terutama digunakan pada peralatan profesional). Pasokan ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menggunakan S1. C1 dan C2 mencegah tegangan hantu muncul pada input dari penguat. Jika catu hantu tidak digunakan, R1 dan R2 dapat dihilangkan, maka lebih baik menggunakan jenis MKT untuk C1 dan C2. Dioda D1-D4 disertakan untuk melindungi input dari 1NA217 terhadap tegangan input yang tinggi (seperti mungkin terjadi ketika pasokan phantom diaktifkan). R4 dan R5 menahan tegangan bias dari tahap input pada potensial tanah. Gain tersebut dibuat variabel dengan potensiometer P1 dalam bentuk seri dengan R6.
ALT
Arus bias input (maksimal 12 μA!) menghasilkan tegangan offset di input resistor (R4 dan R5). Tergantung pada gain, hal ini dapat menyebabkan agak besar tegangan offset pada output (beberapa volt). Jika Anda ingin menghindari menggunakan kapasitor decoupling pada output, offset rangkaian kompensasi aktif memberikan solusi. Di Rangkaian Balance Mikrofon Amplifier ini, input opamp FET rendah (OPA137) digunakan untuk tujuan ini. Komponen ini bertindak sebagai integrator yang menyediakan umpan balik terbalik untuk pin 5, sehingga tingkat output DC selalu diadakan untuk 0 V.  Opamp ini tidak di jalur sinyal audio, sehingga tidak mempengaruhi kualitas sinyal. Konsumsi arus rangkaian terutama ditentukan oleh arus diam dari IC1, karena OPA137 hanya mengkonsumsi 0,22 mA.

Komentar