Skema Kejut Pengusir Maling

Skema Kejut Pengusir Maling adalah rangkaian elektronika yang dapat diaplikasikan sebagai alat penjaga keamanan rumah/kantor dari penjarahan maling/pencuri.  Anda percaya atau tidak, hanya dengan menggunakan
sebuah transistor type GE-3 dan sebuah trafo 6,3 Volt Anda dapat membuat sebuah alat yang dapat mengusir tamu tak diundang atau maling pada malam hari. Pada prinsipnya Rangkaian Pagar Pengusir Maling ini bekerja bila maling tersebut memegang pagar tralis rumah/kantor Anda.  Ia akan terkejut atau shock sehingga ia akan lari terbirit-birit.  Alat tersebut dapat Anda buat sendiri seperti pada gambar skema di bawah ini.

ALT
Daftar komponen :
R1 = Potensiometer 15K
R2 = Resistor 160 Ohm
C1 = Kapasitor elektrolit 50uF/10 W
C2 = Kapasitor elektrolit 2000uF/15 W
Q1 = Transistor GE-3
M1 = Baterai 6 VDC
M2, M3 = Testjack
S1 = Saklar SPST
T1 = Transformer filamen 6,3 VAC
X1 = Dioda 1N540
Sebagai output Skema Kejut Pengusir Maling adalah gulungan sekunder dari trafo T1 dan ujung yang satu dihubungkan dengan bumi (ground) dan ujung yang satunya lagi dapat dihubungkan ke tralis pagar Anda atau pagar kawat atau juga ke bagian lain dari rumah/kantor Anda, misalnya pegangan pintu.  Untuk mendapatkan suatu kejutan yang tinggi Anda dapat mengatur potensiometer R1.  Pemasangan alat ini harus disesuaikan dengan situasi sebab sekalipun arusnya kecil, tetapi berbahaya bagi anak kecil yang bermain di sekitar tempat itu.  Sistem pengamanan ini akan berfungsi baik bila tanah di sekitar pagar itu basah.  Dalam pemakaiannya nanti supaya sesekali diperiksa apakah baterainya sudah lemah atau belum Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar