Skema Lampu Malam Otomatis Dengan Alarm Pagi

Skema Lampu Malam Otomatis Dengan Alarm Pagi Rangkaian Lampu Malam Otomatis ini menyala ketika lampu kamar dimatikan. Lampu tetap ‘on’ sampai sensor cahaya merasakan bersinarnya hari di pagi hari. Sebuah LED putih
super terang digunakan sebagai lampu malam. LED Ini memberikan cahaya terang dan sejuk di dalam ruangan. Ketika sensor mendeteksi cahaya hari di pagi hari, alarm pagi merdu terdengar. Rangkaian ini didukung oleh transformator standar 9V. Dioda D1 sampai D4 memperbaiki tegangan AC dan tegangan yang dihasilkan DC dihaluskan oleh C1. IC regulator 7806 mengatur arus 6V DC ke rangkaian. Sebuah baterai cadangan disediakan untuk daya sirkuit ketika listrik padam. Ketika pasokan listrik tersedia, baterai isi ulang 9V terisi melalui dioda D5 dan resistor R1 dengan arus yang cukup konstan. Dalam hal kegagalan listrik, baterai secara otomatis mengambil muatan tanpa penundaan apapun. Diode D5 mencegah baterai dari pemakaian mundur menyusul kegagalan listrik dan dioda D6 menyediakan jalur arus dari baterai.

Rangkaian Lampu Malam Otomatis menggunakan Light Dependant Resistors (LDR) untuk merasakan kegelapan dan cahaya di ruangan. Hambatan dari LDR sangat tinggi dalam kegelapan, yang mengurangi ke minimum ketika LDR sepenuhnya diterangi. LDR1 mendeteksi kegelapan, sementara LDR2 mendeteksi cahaya di pagi hari. Rangkaian ini dirancang di sekitar IC timer populer NE555 (IC2), yang dikonfigurasi sebagai sebuah monostable. IC2 diaktifkan oleh pulsa rendah yang diterapkan untuk memicu pin 2. Sekali terpicu, output pin 3 dari IC2 naik dan tetap dalam posisi itu sampai IC2 dipicu lagi pada pin 2. Ketika LDR1 diterangi dengan cahaya ambient di ruangan, ketahanan masih rendah yang memicu pin 2 dari IC2 pada potensi positif. Akibatnya, ouput pin 3 dari IC2 turun dan LED putih tetap mati. Selama pencahayaan jendela sensitif LDR1 itu berkurang, resistansi perangkat meningkat.
ALT
Dalam kegelapan total, LDR memiliki ketahanan yang melebihi 280 kilo-ohm. Ketika resistensi dari LDR1 meningkat, pulsa pendek diterapkan untuk memicu pin 2 dari IC2 melalui resistor R2 (150 kilo-ohm). Ini mengaktifkan monostable dan outputnya naik menyebabkan LED putih bersinar. Nilai rendah kapasitor C2 mempertahankan monostable untuk terus beroperasi, menghilangkan efek timer. Dengan meningkatkan nilai C2, ‘on’ saat LED putih dapat disesuaikan dengan waktu yang telah ditentukan. LDR2 dan komponen terkait  menghasilkan alarm pagi saat fajar. LDR2 mendeteksi cahaya ambient di ruangan saat matahari terbit dan ketahanan secara bertahap jatuh dan transistor T1 mulai bekerja. Ketika T1 bekerja, pembangkit melodi IC UM66 (IC3) mendapat suplai tegangan dari emitor T1 dan mulai memproduksi melodi. Demikianlah Rangkaian Lampu Malam Otomatis bekerja dan membangunkan Anda dengan alarm paginya di kala pagi hari.

Komentar