Skema Pengaman Area Sederhana

Skema Pengaman Area Sederhana adalah rangkaian elektronika yang menghasilkan peringatan bunyi bip ketika seseorang melintasi kawasan terlarang di rumah atau kantor Anda. Saklar, tersembunyi yang Anda taruh di bawah
keset, tikar, atau karpet dan sebangsanya akan memicu alarm ketika orang berjalan di atasnya. Kawasan terlarang itu bisa berupa gudang yang menyimpan barang/benda penting (berharga) atau bisa pula ruangan/kamar khusus yang tidak boleh dimasuki orang lain. jika Anda mempunyai rencana untuk melindungi atau mengamankan kawasan atau daerah yang menurut Anda terlarang bagi orang lain, ada baiknya Anda menggunakan alat ini.  Oke deh sebagai bahan panduan dalam merakit atau merangkai alat ini, berikut kami sajikan gambar skema Rangkaian Pengaman Area Sederhana.
alt
Ketika Rangkaian Pengaman Area Sederhana dalam modus siaga, transistor T1 tidak bekerja karena basisnya mengambang. Ketika seseorang berjalan, saklar ditekan dan arus mengalir melalui R1 dan beralih untuk memberikan bias positif pada transistor T1. Transistor T1 bekerja dan menurunkan tegangan kolektor yang bertindak sebagai pemicu input negatif untuk kabel monostable sekitar IC NE555 (IC1).
IC1 mengeluarkan sebuah pulsa durasi lima puluh detik dengan nilai preset R4 dan C3. Pulsa ini diterapkan pada buzzer melalui transistor T2. Bel memperdengarkan peringatan bunyi bip pada entri yang tidak sah. Durasi pulsa dapat diubah ke nilai yang diinginkan dengan mengubah nilai-nilai R4 dan C3. Resistor R2 di rangkaian ini membuat pin pemicu dari IC1 naik untuk mencegah memicu palsu. Rangkaian ini ditaruh dalam casis plastik. Gunakan baterai 9V untuk catu daya rangkaian. Hubungkan saklar touchpad dengan rangkaian yang sudah dirakit dan sembunyikan di bawah keset atau karpet di pintu masuk kamar/ruangan. Skema Pengaman Area Sederhana tersebut dapat dipasang pada dinding di dekatnya cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar