Flip Flop Komponen Diskrit / Analog

Flip Flop Komponen Diskrit / Analog Pada umumnya flip-flop mempunyai dua buah masukkan pengontrol dan dua buah keluaran, yang kinerjanya  mempunyai dua keadaan stabil mantap. Disebut dengan keadaan stabil karena
keadaan keluarannya selalu tetap/tidak berubah, selama tidak ada pengaruh dari  luar rangkaian. Misalnya,  keluaran rangkaian dalam keadaan stabil mantap pada  Q=1 dan Q’=0, kedaan ini akan tetap demikian,  sampai  ada masukan  tertentu yang dapat mengubah keluaran berubah menuju kestabilan yang lain yaitu keadaan stabil mantap  Q=0 dan Q’=1. Perangkat atau rangkaian ini dapat dipergunakan  sebagai elemen dasar memori dalam sistem biner. Rangkaian flip-flop yang dibentuk dari komponen diskrit Rangkaian flip-flop yang menggunakan komponen diskrit atau analog, yaitu rangkaian yang dibentuk dari 2 buah transistor bipolar Q1 dan Q2,  dua buah resistor kolektor RC, dan dua buah resistor base Rb seperti pada gambar dibawah pada dasarnya rangkaian flip-flop ini terdiri dari dua buah penguat inverting yang dihubungkan saling silang, keluaran penguat yang satu dihubungkan dengan  masukan yang lain, dan sebaliknya.
alt

Gambar disamping adalah rangkaian yang terbentuk dari dua transistor bipolar dan empat resistor yang menunjukkan rangkaian saling silang. Dengan memberi sinyal positif pada  base (S), transistor Q1 on jenuh, tegangan kolekor Q1 rendah (antara 0,2 sampai 0,4 V), tegangan yang rendah ini, melalui resistor Rb mengikat base transitor Q2 menjadi keadaan off, mengakibatkan tegangan kolektor Q2 naik  mendekati sumber Vcc (tinggi), selanjutnya tegangan ini akan mengunci base Q1 tetap tinggi sehingga keluaran Q1 tetap rendah. Dengan demikian terjadi kestabilan pada keadaan  keluaran Q1 rendah, dan keluaran Q2  tinggi. Keadaan ini akan tetap demikian, sebelum ada sinyal pada base, yang  dapat mengubah flip-flop dalam keadaan stabil berikutnya.

Komentar