Tips Memilih dan Membeli Dispenser

Tips Memilih dan Membeli Dispenser Water dispenser atau lebih sering disingkat dispenser merupakan peralatan dapur atau rumah tangga yang sangat berguna dan tidak bisa dilewatkan begitu saja. Peralatan ini sangat
memudahkan penyajian makanan atau minuman dengan cepat dan hemat waktu. Seperti menyeduh minuman kopi, teh, susu, sereal, bubur bayi, sup instant dan lain-lain.
ALT

Heater atau pemanas adalah komponen utama dari sebuah dispenser. Heater berfungsi memanaskan air di tabung reservoir dan membutuhkan daya listrik sekitar 200 – 300 watt. Ada dua jenis dispenser yang populer di Indonesia : dispenser air panas dan normal (hot and normal water dispenser) dan dispenser air panas dan dingin (hot and cold water dispenser). Kebutuhan air untuk peralatan ini biasanya disuplai dari sebuah gallon air kemasan yang ditempatkan diatas unit. 

Penggunaan dispenser sangat praktis dan pemasangannya tidak perlu instalasi khusus. Yang terpenting dalam memilih dan membeli dispenser adalah alat tersebut harus memenuhi standar kesehatan terutama pada reservoir air panas dan dingin. Standar kesehatan yang dimaksudkan dalam hal ini adalah : 

1.    Tangki penyimpanan air panas dan dingin terbuat dari 100 % stainless steel yang berfungsi menjaga suhu air, mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri serta anti karat.
2.    Selang penghubung menuju tangki menggunakan anti jamur dan anti bakteri.
3.    Menyediakan kran khusus untuk air suhu normal, sehingga tidak perlu mencampurkan air panas dan air dingin untuk mendapatkan air pada suhu normal.
4.    Sebaiknya memilih dispenser yang mampu memanaskan air hingga 86°C (bila perlu sampai 99°C), untuk membunuh kuman dan bakteri dalam air.     

Water dispenser merupakan alat yang senantiasa terhubung dengan listrik. Karena itu dalam memilih dispenser pertimbangkan juga hal-hal berikut : 

1.    Low power, yaitu ditunjukkan dengan pemisahan distribusi air panas dan air dingin.
2.    Untuk dispenser yang menyatu dengan kulkas atau lemari es, pastikan ada dua thermostat agar pendinginan kulkas tidak terganggu. 
3.    Tempat menaruh gelas cukup tinggi, sebaiknya minimal 20 cm, sehingga memudahkan saat mengisi air ke dalam gelas tersebut.
4.    Tombol On / Off disediaka terpisah untuk air panas dan air dingin. 
5.    Untuk pemakaian rumah tangga sebaiknya dispenser dilengkapi dengan kunci pengaman (child lock), sehingga aman bagi anak-anak.  

Sebelum membeli dispenser pastikan Anda memilih merek yang memberikan layanan purna jual. Layanan ini biasanya tercantum pada kartu garansi yang menyebutkan call center dan service center untuk produk tersebut.

Komentar