MENGENAL MACAM JENIS TINTA PRINTER

Dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan tentang Tinta Printer. Terdapat berbagai macam dan jenis tinta untuk mesin printer mulai dari yang biasa, anti air atau yang lainnya. Berbeda jenis tinta printer, maka sudah tentu berbeda fungsi
maupun kualitasnya.

Tinta Printer berdasarkan Jenis Formula dan Fungsinya :
ALT

1. Tinta Printer Dye Base

Tinta Dye Base merupakan jenis tinta yang dominan berbahan dasar dari air (H2O) dan dicampur dengan bahan perwarna (Colourant) yang bisa menyatu dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap dan mampat pada Printhead Cartridge semakin kecil.

Tinta printer tipe DYE water based ini paling banyak digunakan untuk Printer standard karena hasil cetak yang bagus dan warna cerah. Untuk harga tinta jenis DYE base juga lebih murah dibanding jenis tinta yang lain, namun hasil cetak dari tinta ini kurang pekat dan tidak tahan air jika dicetak di kertas biasa (HVS). Tinta ini juga mudah luntur dan warnanya gampang pudar jika terpapar panas / cahaya matahari.

2. Tinta Printer Pigment (Durabrite)

Tinta pigment memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat, tahan lama dan tahan air (water proof) di semua jenis kertas seperti kertas HVS, Inkjet Paper maupun photo paper. Formula tintanya yang terdiri dari Air (H2O), Diluent, Colorant Pigment, dan yang lainnya.

Kekurangan Tinta Pigment ini adalah harganya yang lebih malah serta mudah mengendap jika Printer tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini karena Printhead Cartridge tersumbat oleh bahan perwarna tinta yang mengendap dan mengering pada nozzle head.

3. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink

Jenis Tinta Art Paper Ink ini cocok digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.

Tinta pigment ini juga bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti : Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290.

4. Tinta Printer Sublimation Ink

Jenis tinta water based sublimation memiliki sifat yang lebih tahan terhadap air dan memiliki degradasi warna yang lebih kuat, sehingga Jenis tinta ini sangat cocok untuk mencetak bahan-bahan sablon, seperti baju maupun kaos, Pin, mug, keramik, dll.

Formula Tinta Sublim dominan mengandung minyak, perwarna (Colorant), diluent, dan zat lainnya, oleh karena itu tinta Sublim memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding Tinta Pigment. Kekurangan tinta sublim adalah karena lebih kental maka resiko Printhead tersumbat lebih besar dibanding Tinta Pigment.

Metode transfer yang digunakan adalah cetak ke kertas hvs atau inkjet paper lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll.

5. Tinta Printer Solvent

Jenis Tinta Solvent ini memiliki ketahanan yang paling baik terhadap Air dan UV, karena tinta solvent terbuat dari bahan-bahan yang mendekati seperti cat duco ditambah dengan bahan-bahan yang disesuaikan untuk tipe-tipe Printer Outdoor.

Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan UV. Tinta solvent berbau menyengat sehingga disarankan pada saat proses percetakan outdoor baik skala kecil atau besar, Anda menggunakan masker untuk meminimalisir kandungan kimia yang bisa terhirup.

6. Tinta Printer Eco Solvent

Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap UV, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.

Itulah Jenis-Jenis Tinta Printer yang dipakai pada mesin Printer. Setiap mesin printer memiliki karakteristik tertentu sehingga tidak semua printer bisa diisi oleh bermacam jenis tinta, jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi mesin printer Anda terlebih dahulu.Terima Kasih, Semoga Bermanfaat.

Komentar