KOMPUTER CANGGIH MASA DEPAN

KOMPUTER CANGGIH MASA DEPAN Komputer dapat di artikan sebagai perangkat pintar yang mengusung teknologi canggih dan terus mengalami perkembangan dari masa ke masa karena komputer merupakan salah satu perangkat
elektronik berotak pintar yang paling di butuhkan dalam banyak aktivitas seperti perkantoran, sekolah bahkan pengusaha sekalipun. Mengingat banyaknya permintaan akan sebuah teknologi canggih, banyak Negara – negara yang bersaing dalam melakukan pengembangan teknologi komputer terbaru dan tercanggih sejagat raya. Hal ini dapat kita lihat banyaknya tipe dan jenis komputer yang beredar di pasaran. Melalui artikel komputer canggih masa depan ini, kami kan memberikan beberapa rancangan komputer tercanggih untuk masa depan. Seperti apakah teknologi komputer masa depan ? Untuk lebih jelasnya, mari simak daftar komputer canggih masa depan di bawah ini :
ALT

Komputer Kuantum
Seperti namanya, komputer Kuantum merupakan komputer yang menggunakan prinsip fisikan kuantum. Komputer canggih masa depan ini menghilangkan teknologi Bits dan menggantinya dengan GuBits. Kemampuan GuBits diklaim mampu mengakses kecepatan 3.600 kali lebih cepat daripada komputer konvensional atau komputer yang sering kita jumpai saat ini. Selain itu, Komputer Kuantum ini telah di sematkan Processor tercanggih yaitu D-Wave Two yang mampu meningkatkan kecepatan pengolahan data. Berkat processor dan teknologi GuBits tersebut, Kuantum mampu menyelesaikan masalah matematika yang sangat kompleks hanya dalam waktu sepersekian detik. Dengan teknologi yang sangat canggih ini, komputer kuantum di kabar kan akan di gunakan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat atau yang biasa kita kenal dengan nama NASA serta google NASA.

Komputer Sequoia
“Times is money”. Berdasarkan pepatah inilah tercipta teknologi terbaru dalam dunia komputer. Komputer Sequoia memiliki processor tercepat sebagai komputer masa depan. Tak tanggung – tanggung, kecepatan processor komputer ini mampu mencapai 16,32 petaflop/s. Jika sobat seorang gamers, maka sobat patut mencoba teknologi milik Sequoia ini. Tentunya kita tidak akan menemukan yang namanya lag.

K Komputer
Fujitsu tak ingin ketinggalan zaman untuk mengembangkan teknologi komputer. Melalui Reken Advanced Institute for Coumputatuinal Science, Kobe Jepang, fujitsu mengembangkan teknologi komputer tercepat yang di beri nama K Komputer. Sebelum kehadiran Komputer Sequoia di dunia teknologi dunia, K Komputer merupakan komputer tercepat di dunia. Kecepatan yang dihasilkan oleh komputer milik fujitsu ini mencapai 8,162 petaflop/s with efisiensi 93 %. Hal ini dapat kita lihat bahwa K Komputer menggunakan processor SPARC64 Vlllfx 2.0 Ghz 8-core dengan jumlah keseluruhan processor mencapai 548.352 inti.

Tianhe 1A Computer
Di China telah di kembangkan teknologi komputer terbaru yang di beri nama Tianhe 1A. Komputer asal China ini di klaim mampu mengolah data dengan kecepatan 2.000 triliun kalkulasi perdetik dengan pencatatan kalkulasi mencapai 2,6 petaflop/s. Meskipun Tianhe 1A memiliki kecepatan di bawah K Komputer, komputer canggih milik China ini memiliki ruang penyimpanan yang sangat besar yaitu mencapai 262 terabytes. Di lihat dari kemampuannya, Tianhe 1A menjadi komputer tercepat no 5 di dunia.

Jaguar
Negeri paman sam juga tak ingin ketinggalan. Amerika Serikat menciptakan sebuah komputer yang pernah menjadi komputer terbaik pada November 2009 hingga Juni 2010 yaitu Jaguar. Jaguar memiliki kecepatan maksimal mencapai 1,75 petaflop/s. Selain itu, komputer milik Amerika Serikat ini menggunakan sistem operasi Cray Linux Enviroment yang telah di sematkan prosesor AMD Opteron x86 bit sejumlah 224.256 unit. Di sisi performa multitasking, Jaguar di topang oleh memori 8 GB. Sedangkan disisi penyimpanan totalnya, komputer ini mampu menampung data hingga 360 terabyte with 10 petabytes.

IBM Roadrunner
IMB Roadrunner telah disisipkan sistem operasi Red Hat Enterprise Linux. Salah satu yang paling menarik dari komputer ini terdapat pada bagian prosesornya yang mana IBM Roadrunner menggunakan 2 processor hybrid. Ke 2 processor tersebut adalah IBM PowerXcell 8i 12.960 unit dan AMD Opteron Dual Core 6.480 unit. Maka tak heran apa bila dalam proses pembuatannya komputer ini menghabiskan biaya yang sangat mahal yaitu mencapai US$ 133. Perpaduan ke dua processor tersebut mampu menghasilkan kecepatan maksimal mecapai 1.456 petaflop/s sehingga hasilnya pun tak mengecewakan.

Komputer Canggih Blue Gene
Satu lagi komputer besutan IBM dan Laboratorium Nasional Lawrence Livermore yaitu Blue Gene. Blue Gene merupakan super komputer yang memiliki 4 pengembangan dari Laboratorium Nasional Lawrence Livermore. Komputer ini merupakan perangkat elektronik canggih yang lebih dahulu di luncurkan sebelum IBM Roadrunner. Oleh karena itu tak heran kecepatan komputer ini hanya mencapai 500 teraflop/s.

Super MUC
Super MUC merupakan salah satu super komputer canggih besutan Jerman. Dengan menggunakan processor intel xeon sandy bridge EP yang terintegrasi dengan server IBM System X I dataplex, komputer canggih ini memiliki kecepatan maksimal mencapai 3 petaflop/s. Dengan demikian, Super MUC menjadi komputer tercepat no 4 di dunia dan sekaligus menjadi komputer tercepat di tanah Eropa. Selain itu, Super MUC telah di sematkan teknologi pendingin prosesor canggih dan terbaru milik IBM yaitu hanya menggunakan air panas.

MIRA
Kembali lagi IBM mengeluarkan super komputer canggih milik mereka. Kali ini IBM menggunakan nama MIRA pada perangkat canggih miliknya ini. MIRA merupakan produk pengembangan dan versi dari komputer Blue Gene sehingga kecepatan komputer ini mampu lebih cepat dari pada Blue Gene. MIRA di rancagn khusus di National Laboratory di lllinois Amerika Serikat. Kecepatan super komputer ini mampu mencapai 8 petaflop/s, sehingga MIRA di klaim sebagai komputer tercepta ke 3 di dunia.

Dawning Nebulae
Dawning Nebulae merupakan komputer yang di kembangkan dan sekaligus di rancang di negeri panda yaitu China. Komputer canggih ini telah di gunakan oleh National SuperComputing Centre In Shenzhen (NSCS). Dawning Nebulae pertama kali di buat pada tahun 2010. Super komputer ini memiliki jumlah core 120.640 dengan menggunakan sistem operasi Linux. Sedangkan jumlah konsumsi daya Dawning Nebulae mencapai 2,6 juta watt.

switch
Bagaimana sobat, apakah sobat pernah mendengar nama – nama super komputer canggih tersebut di atas ? Terbayangkan bagaimana canggihnya komputer masa depan. Kemungkinan besar teknologi – teknologi canggih tersebut akan di sematkan pada komputer konvensional yang biasa kita gunakan saat ini.

Seperti kata pepatah, “Times is money”. Dengan kecepatan yang tinggi, kita mampu menghemat waktu yang kita miliki. Demikian lah informasi dari kami mengenai komputer canggih masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata kami ucapkan terima kasih telah berkunjung kesitus multiteknik66.net.

Komentar