PENGERTIAN INTERNET MENURUT BEBERAPA AHLI

Pengertian Internet Menurut Beberapa Ahli - Jaman semakin maju, teknologi buatan manusia makin menggila dengan perkembangan yang semakin tak terkejar. Dari hari ke hari, ada saja penemuan-penemuan baru yang muncul ke permukaan dengan
segala keunggulan dan kecanggihan fungsi yang mempermudah kehidupan manusia. Segala hal hari ini bisa didapat dengan mudah, terutama dalam hal informasi. Salah satu Teknologi paling berperan dalam hal kemudahan mendapatkan informasi ini adalah internet.
ALT

Siapa yang tak tahu internet, aksesnya kini telah dapat dinikmati berbagai lapisan masyarakat dari mulai masyarakat perkotaan hingga menyentuh masyarakat pedesaan yang dahulu katanya jauh dari perkembangan teknologi. Kemudahan akses internet yang menjangkau semua lapisan masyarakat ini telah meningkatkan laju lalu lintas informasi, dan akhirnya meningkatkan perkembangan percepatan pertumbuhan perekonomian. 

Nah, Sebenarnya Apa Sih Internet Itu? 

Untuk menambah wawasan kita mengenai teknologi super canggih yang terbiasa kita konsumsi sehari-hari ini, penulis akan memberikan sedikit informasi mengenai pengertian internet menurut beberapa ahli.

Menurut Wikipedia¸ Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standarsistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan").

Menurut pakar internet onno.W.Purbo "Internet dengan berbagai aplikasinya seperti web,volp,E-mail pada dasarnya merupakan media yang di gunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi" (Prihatna,2005,p7)
Internet merupakan jaringan komputer yang berkembang pesat dari jutaan bisnis, pendidikan, dan jaringan pemerintahan yang saling berhubungan dengan jumlah penggunanya lebih dari 200 negara. O`Brien (2003, p10).

Kamus Oxford juga tidak ketinggalan mendefinisikan secara jelas mengenai internet. Menurutnya internet adalah jaringan komputer global yang menyediakan berbagai fasilitas informasi dan komunikasi, yang terdiri dari jaringan interkoneksi menggunakan protokol komunikasi standar.

Engineers Garage  mengatakan bahwa tidak ada definisi yang baku untuk internet, internet tidak membatasi diri untuk setiap definisi tertentu. Namun secara umum internet dapat didefinisikan sebagai kabel atau nirkabel yang saling berkomunikasi yang bertujuan untuk mengirimkan informasi. Ada berbagai pengertian lain dari internet menurut ahli dan engineer IT lainnya.

Nah bagaimana, setelah membaca pendapat beberapa ahli tersebut tentunya kini kita semakin memahami apa pengertian dari internet. Tentunya kawan-kawan pun punya pendapatnya masing-masing mengenai pengertian internet. Cukup sekian semoga bermanfaat.

Komentar